Menilik Manfaat Saffron, Rempah Termahal di Dunia

- 22 Oktober 2020, 10:05 WIB
Ilustrasi Bunga Rempah Saffron
Ilustrasi Bunga Rempah Saffron /pixxabay/ Xtendo

BERITA DIY - Saffron merupakan rempah-rempah berbentuk benang berwarna oranye kemerahan yang diambil dari kepala putik bunga crocus sativus dari marga crocus famuly iridaceae yang dikeringkan. Bunga ini tumbuh di beberapa negara seperti Iran, Azerbaijan, Italia, Maroko, India, Spanyol dan Yunani.

Rempah ini dikenal sebagai salah satu rempah termahal di dunia. Hal ini dikarena satu bunga crocus sativus hanya menghasilkan tiga putik. Selain itu , proses panen bunga ini dilakukan mengganakan tangan dan dilakukan saat pagi buta.

Setelah proses panen, bagian tangkai putih dikeringkan terlebih dahulu dan dioleh sebagai bumbu dapur maupun teh. Selanjutnya dilakukan pengemasan. Saffron dikenal sebagai salah satu rempah termahal di dunia, yaitu sekitar 7-70 juta per 1 pon atau 450 gram.

Baca Juga: Kudapan Seru hingga Solusi Logistik di Merchant ShopeePay Minggu Ini!

Meskipun mahal Saffron memiliki banyak manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan. Berikut manfaat lengkap Saffron yang wajib anda ketahui.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Safforn mengandung antioksidan aktif seperti crocin, picrocin, kaempfrol, safranal dan crocetin. Crocin dan Crocetin mampu melindungi sel otak dari anti progresif, anti radang dan pengontrol nafsu makan. Sedangkan Safranal mampu meningkatkan suasana hati, kekuatan memori dan kemampuan berpikir. Terakhir kempfrol mampu menekan pertumbuhan sel kanker.

  1. Meredakan gejala PMS dan nyeri haid

Mengonsumsi 30 mg saffron setiap hari mampu mengurangi gejala stres, sakit kepala, nyeri dan gelisah saat PMS atau haid.

  1. Mengatasi stres dan gejala depresi

Mengonsumsi saffron selama 6-12 minggu mampu menurunkan gejala depresi. Ekstrak saffron mampu meningkatkan level dopamine sebagai hormon pengendali emosi. Selain itu saffron juga memiliki efek antiradang, dan neuroproteksi.

  1. Mengobati alzheimer

Mengonsumsi saffron selama 22 minggu mampu mengurangi gejala alzaimer. Hal ini karena tingginya antioksidan dalam saffron yang mampu mempertajam ingatan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x