Plesetan Logo NU Ulama Nambang Mengkritisi Soal Apa dan Sejarah Siapa Penemu Lambang Nahdlatul Ulama

- 23 Juni 2024, 10:12 WIB
Viral plesetan logo NU ulama nambang mengkritisi soal izin konsesi tambang dan sejarah siapa penemu lambang Nahdlatul Ulama yang jarang diketahui orang.
Viral plesetan logo NU ulama nambang mengkritisi soal izin konsesi tambang dan sejarah siapa penemu lambang Nahdlatul Ulama yang jarang diketahui orang. /Tangkap layar Priangan Insider

BERITA DIY - Viral plesetan logo NU ulama nambang mengkritisi soal apa dan sejarah siapa penemu lambang Nahdlatul Ulama yang jarang didengar.

Telah menjadi polemik di media sosial (medsos) X adanya plesetan logo Nahdlatul Ulama (NU) yang ikon dan warna latarnya diubah.

Seperti warna khas hijau logo NU diubah menjadi merah. Lambang dunia globe diganti excavator. Lalu, NU dibalik menjadi UN. Serta nama Nahdlatul Ulama berubah menjadi Ulama Nambang.

Plesetan atau pengubahan logo NU ini menjadi polemik. Ada yang merasa marah dan tak sedikit pula yang ikut mengkritisi Nahdlatul Ulama soal konsesi tambang.

Baca Juga: 10 LINK Twibbon Harlah ke-101 NU 2024 Download Gratis dan Ucapan untuk Nahdlatul Ulama Share di IG dan WA

Plesetan Logo NU Ulama Nambang Mengkritisi Soal Apa?

Pada 30 Mei 2024 lalu, Presiden Joko Widodo menetapkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP No 96/2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral Batubara.

Pada PP tersebut, di pasal 83A, badan usaha yang dimiliki ormas keagamaan dapat mengelola usaha tambang di sejumlah wilayah di Indonesia. Peraturan ini disebut dengan izin konsesi tambang. Dari sejumlah ormas keagamaan, baru NU yang mengajukan diri untuk mengelola usaha pertambangan, perkebunan, hingga pertanian (IUP).

Dari laporan Tempo dan Kompas, skema bagi-bagi izin konsesi tambang kepada ormas keagamaan dinilai tidak tepat oleh sejumlah pakar, pengamat, dan akademisi perguruan tinggi.

Dalam unggahan pembuat plesetan logo NU ulama nambang di akun X @pasifisstate pada 13 Juni 2024, ada sejumlah netizen yang mengomentari alasan di balik plesetan logo NU adalah untuk mengkritisi langkah Nahdlatul Ulama yang ikut serta dalam pembagian izin pengelolaan tambang kepada ormas keagamaan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah