Jadwal Puasa Dzulhijjah dan Niat untuk Besok 8 Juni 2024, Kapan Waktu Membacanya?

- 7 Juni 2024, 16:25 WIB
Ilustrasi. Info lengkap  jadwal puasa Dzulhujjah dan niat untuk besok 8 Juni 2024.
Ilustrasi. Info lengkap jadwal puasa Dzulhujjah dan niat untuk besok 8 Juni 2024. /Unsplash/ Masjid Pogung Dalangan

BERITA DIY - Berikut informasi jadwal puasa Dzulhujjah dan niat untuk besok 8 Juni 2024, kapan waktu membacanya? Cek lengkapnya di artikel ini.

Tidak lama lagi, umat Islam akan menyambut bulan Dzulhijjah 1445 H. Salah satu amalan yang dianjurkan pada 10 hari pertama di bulan kedua belas ini adalah berpuasa.

Dilansir dari NU, ada beberapa keutamaan puasa Dzulhijjah. Pertama, pahala puasa ini dilipatgandakan. Pahala puasa di awal Dzulhijjah berlipat ganda dibandingkan dengan bulan lainnya.

Kedua, penghapusan dosa. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, puasa khusus pada tanggal 9 Dzulhijjah atau yang biasa disebut puasa Arafah, dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah Dzulhijjah 2024, Tarwiyah, dan Arafah Kapan dan Tanggal Berapa? Ini Bacaan Niat Arab Latin

Ketiga, hari pembebasan dari siksa neraka. Salah satu keutamaan hari Arafah adalah Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka lebih banyak dibandingkan hari-hari lainnya.

Adapun niat puasa pada tanggal 1-9 Dzulhijjah adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah