Jadwal Puasa Sunnah Dzulhijjah 2024, Tarwiyah, dan Arafah Kapan dan Tanggal Berapa? Ini Bacaan Niat Arab Latin

- 7 Juni 2024, 14:20 WIB
Ilustrasi - Dzulhijjah, kapan jadwal puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah 2024 tanggal berapa, ini bacaan niat Bahasa Arab serta latin.
Ilustrasi - Dzulhijjah, kapan jadwal puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah 2024 tanggal berapa, ini bacaan niat Bahasa Arab serta latin. /Pixabay/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Informasi kapan jadwal puasa sunnah Dzulhijjah 2024, Tarwiyah, dan Arafah tanggal berapa, ini bacaan niat Bahasa Arab serta latin.

Memasuki bulan Dzulhijjah 2024, umat muslim banyak mencari jadwal puasa sunnah Dzulhijjah kapan dan tanggal berapa.

Selain puasa Dzulhijjah, amalan puasa sunnah lainnya yang bisa dikerjakan umat muslim yang tidak melaksanakan haji yakni puasa Tarwiyah dan Arafah.

Sebagaimana seperti bunyi hadis yang dilansir BERITA DIY dari laman Universitas Islam Indonesia dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

Baca Juga: Bacaan Doa Mustajab Hari Jumat Setelah Ashar Tulisan Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

“Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Sebenarnya Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah dapat dikerjakan selama berututan menjelang puncak Ibadah Haji 2024.

Lantas kapan umat muslim bisa mulai mengerjakan puasa sunnah Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Afarah pada tahun 2024 ini?

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah