Tanggal 3 Juni 2024 Diperingati Hari Apa? Apakah Hari Libur Nasional? Simak Info Lengkapnya di Sini

- 2 Juni 2024, 13:50 WIB
Illustrasi - Tanggal 3 Juni, diperingati sebagai hari apa? Apakah tanggal ini merupakan hari libur nasional? Simak info lengkapnya di sini.
Illustrasi - Tanggal 3 Juni, diperingati sebagai hari apa? Apakah tanggal ini merupakan hari libur nasional? Simak info lengkapnya di sini. /Pixabay/tigerlilly713

BERITA DIY - Besok, tanggal 3 Juni, diperingati sebagai hari apa? Apakah tanggal ini merupakan hari libur nasional? Simak info lrngkapnya di sini.

Simak informasi berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai peringatan yang jatuh pada 3 Juni serta statusnya sebagai hari libur nasional.

Tanggal 3 Juni 2024 jatuh pada hari Senin. Pada hari ini, terdapat dua peringatan penting yang dirayakan di berbagai belahan dunia, yaitu Hari Pasar Modal Indonesia dan Hari Sepeda Sedunia. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai kedua peringatan tersebut.

Hari Pasar Modal Indonesia

Tanggal 3 Juni 2024 diperingati sebagai Hari Pasar Modal Indonesia. Pasar modal adalah tempat berbagai instrumen keuangan jangka panjang, seperti obligasi dan saham, diperjualbelikan.

Baca Juga: JADWAL Libur Semester Genap SD Jawa Tengah Jatim Jabar Jakarta Sesuai Kalender Pendidikan Kemdikbud 2024

Menurut informasi dari situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pasar modal atau bursa efek di Indonesia telah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1912 di Batavia.

Pada awalnya, bursa efek didirikan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk kepentingan VOC. Setelah mengalami pasang surut dan vakum akibat Perang Dunia I dan II, Bursa Efek Indonesia resmi dibuka kembali pada tanggal 3 Juni 1952.

Sejak saat itu, tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Pasar Modal Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal.

Hari Sepeda Sedunia

Tanggal 3 Juni juga diperingati sebagai Hari Sepeda Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa sepeda merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi kesehatan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah