Kapan Detik-Detik Waisak 2024? Ini Rangkaian Peringatannya

- 23 Mei 2024, 10:56 WIB
Ilustrasi - Kapan detik-detik Waisak 2024 dan rangkaian peringatan Hari Raya Waisak yang berpusat di Candi Borobudur.
Ilustrasi - Kapan detik-detik Waisak 2024 dan rangkaian peringatan Hari Raya Waisak yang berpusat di Candi Borobudur. / www.freepik.com/ @freepik

BERITA DIY - Hari Raya Waisak 2568 BE bertepatan pada tanggal 23 Mei 2024. Berdasarkan SKB 3 Menteri Nomor 855, Nomor 3, dan Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, Waisak ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Pada hari itu, seluruh umat Buddha di Indonesia merayakan waisak sebagai perlambang kelahiran, penerangan, dan lain sebagainya.

Serangkaian kegiatan peringatan pun dilakukan oleh umat Buddha dpada dengan salah satunya dikenal dengan perayaan detik-detik Waisak.

Lantas apa itu detik-detik Waisak dan kapan dilaksanakan?

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Waisak 2024 selain Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta, Ada Apa Saja? 

Detik-detik Waisak

Dikutip dari berbagai sumber, detik-detik Waisak adalah puncak dari peringatan Tri Suci Waisak yang bertujuan untuk mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting yaitu Lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama parinibbana.

Melansir dari laman Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI, tema yang diusung pada Waisak tahun 2024 adalah "Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia". Selain itu, sudah ada tiga sub tema yang diusung, di antaranya:

1. Sangha Agung Indonesia (SAGIN), "Keharmonisan Merupakan Pedoman Hidup Berdampingan Dalam Berbangsa".

2. Sangha Theravada Indonesia (STI), "Memperkokoh Persatuan dalam Keberagaman"

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah