12 Contoh Ucapan Sambutan Berangkat haji untuk Acara Walimatussafar

- 10 Mei 2024, 11:57 WIB
Ilustrasi. 12 contoh ucapan sambutan syukuran berangkat haji untuk acara walimatussafar haji sesuai tradisi dan maknanya yang menyentuh hati.
Ilustrasi. 12 contoh ucapan sambutan syukuran berangkat haji untuk acara walimatussafar haji sesuai tradisi dan maknanya yang menyentuh hati. /PIXABAY/wilkernet

BERITA DIY - Berikut contoh ucapan sambutan syukuran berangkat haji untuk acara walimatussafar haji sesuai tradisi dan maknanya.

Walimatussafar haji, sebuah tradisi yang biasa dilakukan oleh umat Islam sebelum berangkat menunaikan ibadah haji. Tradisi ini merupakan bentuk syukuran dan permohonan doa agar perjalanan haji berjalan dengan lancar.

Haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima dan wajib dilakukan oleh umat Islam yang mampu secara finansial dan fisik untuk melakukan perjalanan ke Baitullah di Makkah. Puncak ibadah haji biasanya berlangsung menjelang perayaan Idul Adha.

Walimatussafar sendiri berasal dari dua kata, yaitu walimah yang berarti perjamuan dan safar yang berarti perjalanan. Jadi, jika digabungkan, walimatussafar dapat diartikan sebagai acara perjamuan yang dilakukan sebelum seseorang melakukan perjalanan jauh.

Baca Juga: Bacaan Doa Dzikir Manasik Haji dan Umroh Lengkap dari Kementerian Agama: Download File PDF Gratis

Dalam konteks ibadah haji, hajatan ini biasanya digelar sebelum seseorang berangkat ke Makkah. Tradisi walimatussafar sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia ketika seseorang hendak berangkat haji.

Pada zaman dahulu, ibadah haji merupakan perjalanan panjang yang penuh tantangan dan sangat melelahkan. Oleh karena itu, masyarakat biasanya menggelar acara walimatussafar, baik saat hendak berangkat haji maupun ketika pulang.

Acara ini biasanya dihadiri oleh banyak orang, termasuk anggota keluarga hingga para tetangga. Dalam acara ini, calon jemaah haji akan bermaaf-maafan dengan anggota keluarga yang lain serta para tetangga.

Walimatussafar menjadi momen sakral dan penuh makna bagi para calon jemaah haji dengan keluarga dan tetangga. Susunan acara tradisi walimatussafar mencakup serangkaian kegiatan yang sarat makna dan kekhidmatan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah