Tata Cara Pelaksanaan Shalat Utaqa: Shalat Sunnah di Bulan Syawal Ini Bacaan Niat Beserta Keutamaannya! 

- 18 April 2024, 15:50 WIB
Ilustrasi - Tata cara pelaksanaan shalat utaqa, shalat sunnah yang bisa dilakukan di bulan Syawal. Simak di sini untuk bacaan niat dan keutamaannya!
Ilustrasi - Tata cara pelaksanaan shalat utaqa, shalat sunnah yang bisa dilakukan di bulan Syawal. Simak di sini untuk bacaan niat dan keutamaannya! /Pexels.com/@Alena Darmel

BERITA DIY - Berikut ini adalah tata cara pelaksanaan shalat Utaqa atau shalat sunnah yang bisa dilakukan di bulan Syawal lengkap dengan keutamaanya! 

Bulan Syawal memang penuh dengan keutamaannya yang tak kalah dengan bulan Ramadhan. 

Di Bulan Syawal ini kita bisa meningkatkan ibadah kepada Allah SWT dengan melaksanakan amalan sunnah.

Amalan sunnah yang bisa dilakukan seperti puasa Syawal dan Shalat Utaqa. Apa itu Shalat Utaqa? 

Shalat utaqa dimaknai sebagai shalat pembebasan. Keutamaan yang akan didapat bagi orang yang mengamalkan sholat ini adalah, akan dibebaskan dari himpitan hutang dan Allah akan memenuhi hajat mereka. 

Baca Juga: Bacaan Niat Shalat Idul Fitri Berjamaah dan Sendirian, Ini Tata Caranya dan Hukumnya! 

Melansir dari NU Jawa Barat, shalat sunnah utaqa ini dapat dikerjakan siang atau malam. Shalat ini dapat dikerjakan dengan empat atau dua salam. 

Shalat sunnah ini juga dapat diamalkan pada tanggal berapa saja di bulan Syawal karena tidak ada ketentuan perihal tanggal pelaksanaannya. 

Shalat utaqa ini dilakukan dengan delapan rakaat. Pada setiap rakaat kita membaca surat Al-Fatihah. Setelah Al-Fatihah, kita membaca 15 kali Surat Al-Ikhlas. 

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah