Kapan Aturan Seragam Sekolah Baru 2024 Diterapkan? Simak Jenis dan Jadwal Pemakaian SD, SMP, dan SMA

- 13 April 2024, 11:38 WIB
Ilustrasi - Simak info kapan aturan seragam sekolah baru 2024 diterapkan, jenis, dan jadwal pemakaiannya menurut Kemendikbudristek.
Ilustrasi - Simak info kapan aturan seragam sekolah baru 2024 diterapkan, jenis, dan jadwal pemakaiannya menurut Kemendikbudristek. /Antara/Asprilla Dwi Adha/

BERITA DIY - Pencarian informasi mengenai seragam sekolah baru 2024 mendadak tinggi pada awal April 2024. Banyak orang tua dan siswa yang mencari tahu mengenai aturan seragam sekolah baru 2024.

Simak informasi kapan aturan seragam sekolah baru 2024 diterapkan, jenis, dan jadwal pemakaian  SD, SMP, dan SMA.

Mengenai aturan seragam sekolah baru 2024, jika merujuk pada laman Kemendikbudristek, tidak ditemukan. Adapun aturan terkait seragam sekolah yakni Permendikbudristek No 50 Tahun 2022 dengan status masih berlaku.

Pada aturan ini, justru dijelaskan bahwa sekolah tidak boleh mengatur kewajiban dan/atau membebani orang tua atau wali siswa untuk membeli pakaian seragam sekolah baru pada setiap kenaikan kelas maupun saat penerimaan siswa baru.

Baca Juga: Ini Aturan Seragam Sekolah Baru 2024 Siswa SD SMP SMA Lengkap Jenis, Warna, dan Kapan Hari Memakainya

Berdasarkan aturan tersebut, pakaian seragam sekolah SD sampai SMA/ SMK/SLB di Indonesia terdiri dari pakaian seragam nasional dan pakaian seragam pramuka. Selain kedua seragam ini, sekolah dapat mengatur pakaian seragam siswa khas sekolahnya.

Sementara untuk pakaiadn adat diatur oleh pemerintah daerah, namun pembelian seragam maupun pakaian adat ini tidak boleh dipaksakan pada orang tua.

"Orang tua dapat memilih. Tidak dipaksa, ya," kata Mendikbudristek Nadiem Makarim di sela kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, Selasa, 25 Oktober 2022.

Berikut rincian empat jenis seragam sekolah yang dapat digunakan oleh peserta didik berdasarkan Permendikbudristek No 50 Tahun 2022:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x