Bacaan Lengkap Tahlil, Doa dan Terjemahnya: Ziarah Kubur Nyekar Jelang Lebaran Idul Fitri

- 9 April 2024, 12:00 WIB
Bacaan tahlil lengkap dengan doa dan artinya, bisa Anda baca ketika melaksanakan ziarah kubur atau nyekar, menjalang Lebaran Idul Fitri.
Bacaan tahlil lengkap dengan doa dan artinya, bisa Anda baca ketika melaksanakan ziarah kubur atau nyekar, menjalang Lebaran Idul Fitri. /Tangkap layar instagram.com/@pasarpapringan

BERITA DIY - Berikut ini bacaan tahlil lengkap dengan doa dan artinya yang bisa Anda baca ketika melaksanakan ziarah kubur atau nyekar, terutama menjalang Lebaran dan ketika Hari Raya Idul Fitri.

Ziarah kubur merupakan amalan dalam Islam sebagai bentuk penghormatan dan doa bagi orang yang telah meninggal dunia.

Dalam ziarah kubur, umat Islam biasanya membaca tahlil dan berdoa untuk almarhum. Tidak terkecuali seperi menjelang Lebaran atau saat saat hari raya Idul Fitri seperti saat ini.

Tidak sedikit umat muslim yang melaksanakan ziarah kubur ke makam sanak saudara atau orang tua yang telah meinggal dunia.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Arab, Latin, dan Artinya, serta Urutannya saat Nyekar Sebelum Ramadhan

Saat melaksanakan ziarah ini, biasanya umat Islam Indonesia membacakan tahlil dan berbagai macam dzikir yang pahalanya dihadiahkan untuk almarhum orang tua, teman, saudara yang sudah mendahului mereka.

Berikut bacaan tahlil lengkap dengan doa ziarah kubur yang bisa Anda baca ketika menjelang Lebaran seperti sekarang, yang dapat dibaca oleh kaum Muslimin sebagaimana dilansir dari laman NU Jatim.

  1. Pengantar Al-Fatihah

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وإِخْوَانِهِ مِنَ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالعُلَمَاءِ العَامِلِيْنَ وَالمُصَنِّفِيْنَ المُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ المَلَائِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ، ثُمَّ اِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ القُبُوْرِ مِنَ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَأَسَاتِذَةِ أَسَاتِذَتِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ  

Artinya: Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan saudaranya dari kalangan pada nabi, rasul, wali, syuhada, orang-orang saleh, sahabat, tabi'in, ulama al-amilin, ulama penulis yang ikhlas, semua malaikat Muqarrabin, kemudian semua ahli kubur Muslimin, Muslimat, Mukminin, Mukminat dari Timur ke Barat, baik di laut dan di darat, khususnya bapak kami, ibu kami, kakek kami, nenek kami, guru kami, pengajar dari guru kami, ustadz kami, pengajar ustadz kami, mereka yang telah berbuat baik kepada kami, dan bagi ahli kubur/arwah yang menjadi sebab kami berkumpul di sini. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah…”

  1. Al-Fatihah

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ. اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ. اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الَّمُسْتَقِيْمَ. صِرَاطَ الَّذِ يْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّيْنَ. اَمِينْ 

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x