Kapan Malam LAILATUL QADAR Menurut Hadits? ini Jadwal Malam Ganjil NU-Muhammadiyah

- 30 Maret 2024, 08:14 WIB
Informasi terkait datangnya malam Lailatul Qadar pada Ramadhan 2024 ini menurut hadits, kapan terjadinya, berikut rincian tanggal ganjil menurut Nahdlatul Ulama-Muhammadiyah.
Informasi terkait datangnya malam Lailatul Qadar pada Ramadhan 2024 ini menurut hadits, kapan terjadinya, berikut rincian tanggal ganjil menurut Nahdlatul Ulama-Muhammadiyah. /PIXABAY/@chiplanay

BERITA DIY - Berikut ini informasi terkait datangnya malam Lailatul Qadar pada Ramadhan 2024 ini menurut hadits, kapan terjadinya, serta rincian tanggal ganjil menurut Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah.

Bulan Ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam. Di bulan ini terdapat satu malam yang disebut lebih baik dari malam 1000 bulan yakni malam Lailatul Qadar.

Pada malam itu, masyarakat muslim berlomba-lomba melaksanakan ibadah atau melakukan kebaikan dengan harapan mendapatkan keberkahan serta pahala setara dengan beribadah 1000 bulan.

Namun, yang sering menjadi pertanyaan adalah, kapan datangnya malam Lailatul Qadar Ramadhan 2024 ini?

Baca Juga: Kapan Malam Lailatul Qadar 2024? Ini Perkiraan Tanggal dan Ciri Malam Lailatul Qadar

Para ulama meyakini jika malam Lailatul Qadar jatuh pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan, sebagaimana telah dijelaskan dalam HR Muslim. Nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan beri'tikaf pada saat 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

"Ketika memasuki 10 malam terakhir (Ramadhan), Rasulullah tetap terjaga di malam hari (untuk sholat dan beribadah), membangunkan keluarganya, dan mempersiapkan diri untuk beribadah (dengan lebih semangat)." (HR Muslim). 

Dalam HR Bukhari lain, dijelaskan secara lebih rinci terkait kapan waktu jatuhnya malam Lailatul Qadar, yaitu saat malam ganjil di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

"Carilah malam Qadar di malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari). 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x