15 Contoh Tema Nuzulul Quran, Singkat dan Bisa Jadi Referensi Untuk Kegiatan di Malam 17 Ramadhan 2024

- 26 Maret 2024, 11:25 WIB
Ilustrasi. Berikut ini adalah 15 contoh tema acara untuk Nuzulul Quran yang bisa dijadikan referensi kegiatan 17 Ramadhan 2024 yang cocok untuk acara masjid atau di sekolah.
Ilustrasi. Berikut ini adalah 15 contoh tema acara untuk Nuzulul Quran yang bisa dijadikan referensi kegiatan 17 Ramadhan 2024 yang cocok untuk acara masjid atau di sekolah. /Pixabay/mucahityildiz

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang lima belas contoh tema untuk acara Nuzulul Quran pada 17 Ramadhan 2024. Tentunya singkat dan bisa menjadi opsi referensi. 

Salah satu momen penting yang ditunggu oleh umat Muslim di bulan Ramadhan adalah adanya Nuzulul Quran, yang jatuh setiap hari ke-17 Ramadhan. 

Melansir dari website resmi NU Lampung Online, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw. Peristiwa tersebut merupakan sebuah peristiwa penting dalam sejarah peradaban Islam. 

Baca Juga: Doa Nuzulul Quran Bahasa Arab, Latin, dan Artinya, serta Amalan di Malam Turunnya Al-Qur'an

Al-Qur’an sendiri diturunkan di Mekkah dan Madinah. Hal ini yang mendasari pembagian surat Makkiyah dan Madaniyah. Masa turunnya Al-Qur’an berlangsung selama 23 tahun secara berangsur-angsur.

Untuk itu, alasan mengapa umat Muslim menanti datangnya Nuzulul Quran ini adalah sebagai pengingat tentang kemuliaan Al-Qur’an. 

Dengan memperingati Nuzulul Quran ini juga, diharapkan umat Muslim bisa lebih menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an. 

Biasanya, malam pada malam Nuzulul Qur’an diadakan sebuah acara baik di masjid atau di sekolah. Untuk itu, simak di bawah ini tentang contoh tema acara yang bisa dijadikan referensi acara Nuzulul Quran. 

Baca Juga: 20 Contoh Tema Nuzulul Quran 17 Ramadhan 2024 yang Cocok untuk Kegiatan Masjid dan Sekolah

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x