Apa Arti Mokel Bahasa Jawa? Bahasa Gaul yang Sering Diucapkan Saat Ramadhan oleh Masyarakat Jawa

- 17 Maret 2024, 16:50 WIB
Ilustrasi. Apa arti mokel Bahawa Jawa? Bahasa gaul yang sering diucapkan saat Ramadhan.
Ilustrasi. Apa arti mokel Bahawa Jawa? Bahasa gaul yang sering diucapkan saat Ramadhan. /Freepik/@pvproduction

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai apa arti mokel Bahawa Jawa? Bahasa gaul yang sering diucapkan saat Ramadhan oleh masyarakat Jogja dan Jawa Tengah.

Iman seseorang tidak selalu stabil, beberapa bisa lalai, termasuk saat menjalankan kewajiban, seperti puasa Ramadan, dimana beberapa orang mungkin mokel karena kesulitan menahan lapar atau haus.

"Mokel" adalah istilah yang tidak resmi, sering digunakan oleh anak muda sebagai bahan candaan, terutama terkait dengan puasa Ramadan.

Dalam bahasa lokal Jawa Timur dan Jawa Tengah, "mokel" berarti sengaja berbuka sebelum waktunya karena kesulitan menahan lapar atau haus selama puasa.

Baca Juga: Arti Mokel Adalah Apa? Penjelasan Makna Kata Bahasa Gaul yang Viral di Bulan Ramadhan

Orang yang mokel cenderung makan atau minum secara diam-diam dan kemudian berpura-pura masih berpuasa di depan orang lain setelahnya.

Hukum Mokel Puasa

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah Saw bersabda:

“Barangsiapa tidak puasa satu hari di bulan Ramadhan tanpa adanya keringanan yang Allah 'azza wa jalla berikan kepadanya, maka tidak akan bisa menjadi ganti darinya [walaupun ia berpuasa] selama satu tahun,” (H.R. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Khuzaimah).

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x