Bolehkah Berkumur saat Wudhu ketika Puasa? Ini Penjelasan Ulama

- 13 Maret 2024, 11:56 WIB
Ilustrasi berkumur saat wudhu/ Simak penjelasan bolehkah berkumur saat wudhu ketika puasa oleh ulama dan ketentuan berkumur saat puasa.
Ilustrasi berkumur saat wudhu/ Simak penjelasan bolehkah berkumur saat wudhu ketika puasa oleh ulama dan ketentuan berkumur saat puasa. /Pixabay/ İbrahim Mücahit Yıldız /

BERITA DIY - Berikut penjelasan bolehkah berkumur saat wudhu ketika puasa oleh ulama.

Salah satu hal yang membatalkan puasa adalah memasukkan benda asing ke dalam tubuh melalui lubang atau rongga terbuka, termasuk mulut.

Maka, pertanyaan pun muncul, apakah boleh berkumur saat wudhu di bulan puasa karena memasukkan air ke dalam hidung dan mulut.

Berkumur sendiri merupakan salah satu rangkaian wudhu sesuai dengn yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dengan tujuan untuk membersihkan mulut dari sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi.

Baca Juga: Cara Wudhu Saat Puasa yang Benar agar Tidak Batal, Ini Tata Caranya

Lantas, bolehkan berkumur saat wudhu di bulan puasa?

Bolehkan Berkumur saat Wudhu ketika Puasa?

Berkumur dilakukan dengan memasukkan air ke dalam mulut lalu menyebarkannya ke seluruh rongga mulut dan kemudian dimuntahkan kembali.

Dikutip dari laman Universitas Islam An-Nur Lampung, berkumur yang tidak berlebihan tidak membatalkan puasa. Hal itu dijelaskan dalam kutipan buku yang ditulis oleh Imam Zakariyah Al-Anshari.

 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x