Apakah Ibu Hamil Boleh Berpuasa? Ini Hukum Menurut Islam dan Tips Puasa Bagi Ibu Hamil yang bisa dicoba! 

- 12 Maret 2024, 09:32 WIB
Apakah ibu hamil boleh berpuasa pada Ramadhan 2024? Simak di sini untuk hukum menurut islam serta tips bagi ibu hamil yang bisa dicoba!
Apakah ibu hamil boleh berpuasa pada Ramadhan 2024? Simak di sini untuk hukum menurut islam serta tips bagi ibu hamil yang bisa dicoba! /Pixabay/Fezailc

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang boleh atau tidaknya ibu hamil berpuasa selama Ramadhan 2024 serta tips puasa bagi ibu hamil yang bisa dicoba. 

Umat muslim saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan 2024. Bulan yang dikenal dengan keistimewaannya. Pada bulan ini banyak sekali keberkahan yang menyertainya, untuk itu bulan Ramadhan memiliki kesan tersendiri bagi umat muslim. 

Bulan Ramadhan ini mewajibkan kita, seluruh umat muslim untuk melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh. 

Seperti yang kita tahu bahwa, puasa merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menahan diri untuk tidak makan dan minum dalam kurun waktu tertentu. 

Baca Juga: Hukum Lupa Mandi Wajib Saat Puasa Ramadhan, Apakah Puasanya Tetap Sah?

Lantas, bagaimana dengan seorang ibu hamil, apakah dirinya boleh berpuasa saat Ramadhan? 

Karena pada dasarnya, apabila dilihat secara medis, berpuasa untuk ibu hamil beresiko menyebabkan dehidrasi bagi sang ibu maupun bayi yang dikandungnya. Dehidrasi tersebut juga bisa memicu komplikasi saat kehamilan seperti kontraksi palsu dan lain-lain. 

Apabila kita melihat hukum islamnya yang dijelaskan oleh NU Online, hukum puasa bagi ibu hamil pada dasarnya adalah wajib. 

Kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan bagi ibu hamil diberlakukan selama tidak menimbulkan bahaya untuk dirinya sendiri dan janinnya. Sebaliknya, ibu hamil boleh meninggalkan puasa jika itu dapat membahayakan dirinya atau janinnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x