Buka Puasa Jam berapa Hari Ini 1 Ramadhan 1445 H 11 Maret 2024? Jadwal Sholat Maghrib di Surabaya - Semarang

- 11 Maret 2024, 15:50 WIB
Ilustrasi - Buka puasa jam berapa hari ini 1 Ramadhan 1445 H 11 Maret 2024, jadwal sholat maghrib di Surabaya, Solo, Yogyakarta, Makassar & Semarang.
Ilustrasi - Buka puasa jam berapa hari ini 1 Ramadhan 1445 H 11 Maret 2024, jadwal sholat maghrib di Surabaya, Solo, Yogyakarta, Makassar & Semarang. /PEXELS/Tridman

BERITA DIY - Bagi umat Islam, mengetahui kapan jadwal waktu buka puasa saat bulan suci Ramadhan merupakan suatu hal yang penting. Jika perlu cetak jadwal imsyakiyah dan buka puasa.

Sebagain masyarakat Indonesia hari ini Senin, 11 Maret 2024 telah memulai ibadah wajib puasa Ramadhan 1445 H. Kemudian ada juga yang memulainya besok hari Selasa, 12 Maret 2024.

Artikel ini akan menyajikan waktu buka puasa jam berapa lengkap dengan jadwal sholat maghrib di beberapa kota seperti Surabaya, Solo, Yogyakarta, Makassar, dan Semarang.

Bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi umat Islam untuk mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya dengan cara memperbanyak amal sholeh dan menjahui perbuatan buruk.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Jogja Hari Ini 11 Maret Jam Berapa di Sleman, Bantul Gunungkidul, Kulon Progo Sekitarnya

Saat menjalankan puasa, kita akan menahan hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Biasanya orang-orang mengikuti jadwal imsak untuk mengakhiri waktu sahur dan berbuka setelah adzan maghrib.

Ada berbagai sunnah dan anjuran yang dapat dikerjakan ketika melaksanakan ibadah puasa. Anjuran ini tentunya akan membuat nilai pahala Anda semakin besar.

Dilansir dari laman Kemenag RI oleh Biro HDI pada Selasa, 21 April 2021, orang yang menjalankan ibadah puasa disunnahkan untuk sahur. Alangkah lebih baik jika sahur dilakukan di waktu akhir mendekati terbitnya fajar.

Kemudian ketika berbuka, disunnahkan untuk menyegerakan berbuka, berbuka dengan kurma hingga membaca doa sebelum buka puasa. Perintah untuk menyegerakan berbuka disebutkan dalam HR. Bukhari.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah