Apa Saja Syarat Sah dan Rukun Puasa Ramadhan yang Wajib Diikuti

- 7 Maret 2024, 19:35 WIB
Ilustrasi. Penjelasan mengenai syarat sah dan rukun puasa Ramadhan yang wajib diikuti oleh umat muslim yang akan melaksanakan ibadah.
Ilustrasi. Penjelasan mengenai syarat sah dan rukun puasa Ramadhan yang wajib diikuti oleh umat muslim yang akan melaksanakan ibadah. /PEXELS/Pok Rie

BERITA DIY - Puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang harus dilaksanakan sesuai dengan syarat sah dan rukun yang telah ditetapkan.

Syarat wajib puasa Ramadhan

Berikut ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi sebelum seseorang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

1. Menurut Al-Hanafiyah, status keislaman adalah syarat wajib, sementara mayoritas ulama menganggapnya sebagai syarat sah.

2. Anak-anak belum memiliki kewajiban untuk berpuasa Ramadhan. Namun, orang tua memiliki kewajiban untuk mengajarkan dan memperkenalkan puasa kepada mereka.

Baca Juga: Bacaan Tahil dan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Teks Arab Latin Arti untuk Ziarah Kubur Jelang Ramadhan PDF

3. Puasa Ramadhan diwajibkan bagi individu yang berakal. Mayoritas ulama sepakat bahwa orang yang tidak berakal, seperti orang gila, tidak diwajibkan berpuasa.

4. Puasa wajib diperintahkan bagi umat Islam yang sehat. Orang yang sakit tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun mereka harus menggantinya di hari lain.

5. Orang yang lemah secara fisik karena usia atau alasan lain yang tidak memungkinkan untuk berpuasa, tidak diwajibkan melakukannya.

6. Meskipun surah Al-Baqarah ayat 185 menyebutkan bahwa orang yang sedang dalam perjalanan atau sakit dapat menggantikan puasa di hari lain, tidak semua jenis perjalanan membenarkan seseorang untuk tidak berpuasa.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x