Apa itu Tahun Kabisat? Tepat Pada 29 Februari 2024, Simak Sejarah, Arti, dan Cara Hitung Tahunnya 

- 29 Februari 2024, 09:05 WIB
Ilustrasi. Apa itu Tahun Kabisat? yang jatuh tepat pada 29 Februari 2024. Simak di sini untuk penjelasan lengkap dari sejarah, arti, dan cara hitungnya.
Ilustrasi. Apa itu Tahun Kabisat? yang jatuh tepat pada 29 Februari 2024. Simak di sini untuk penjelasan lengkap dari sejarah, arti, dan cara hitungnya. /Pixabay/Igor

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang arti Tahun kabisat, sejarah dan cara hitungnya. Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya. 

Bagi yang belum tahu, Tahun Kabisat ini merupakan istilah untuk tahun yang mengalami penambahan satu hari. 

Penambahan ini dengan tujuan untuk penyesuaian dalam penanggalan pada tahun astronomi. 

Adanya Tahun Kabisat ini, digunakan agar perhitungan waktu bisa tetap dijaga dan tetap konsisten. 

Istilah lain dari Tahun Kabisat ini adalah Tahun Emolismic. Penambahan satu hari ini umum digunakan oleh masyarakat Gregorian. 

Baca Juga: Apa Itu Hari Kabisat Tanggal 29 Februari 2024, Kapan Tahun Kabisat, 29 Februari Tahun Berapa Saja? Cek di SINI

Sejarah Tahun Kabisat 

Apabila mengarah ke sejarah, penambahan hari ini berasal dari perhitungan Matematika yang dicetuskan oleh Julius Caesar. 

Perhitungan ini diperkenalkan pada 45 SM, dimana akan ada hari kabisat setiap empat tahun. Dirinya merupakan seseorang yang menemukan hubungan antara orbit bumi dengan matahari. 

Tak hanya itu, perhitungan tersebut juga atas dasar Julius Caesar menyadari bahwa tahun sebenarnya memiliki jumlah 365,25 hari. 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x