Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban dan Tata Cara Puasa Nisfu Syaban Minggu 25 Februari 2024

- 24 Februari 2024, 15:08 WIB
Ilustrasi - Cek di sini bacaan niat puasa nisfu Syaban dan tata cara puasa nisfu Syaban pada Minggu, 25 Februari 2024.
Ilustrasi - Cek di sini bacaan niat puasa nisfu Syaban dan tata cara puasa nisfu Syaban pada Minggu, 25 Februari 2024. /Pexels.com/@Thirdman

BERITA DIY - Simak informasi bacaan niat puasa nisfu Syaban dan tata cara puasa nisfu Syaban pada Minggu, 25 Februari 2024 dalam artikel ini.

Bulan Syaban sudah sampai pada pertengahan. Nah salah satu amalan yang bisa dijalankan umat Islam yakni puasa nisfu Syaban.

Ketahui, puasa menjalankan puasa nisfu Syaban memiliki keutamaan yaitu mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di akhirat kelak.

Puasa nisfu Syaban ini tertulis di hadist riwayat Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan oleh Aisyah RA: 

Baca Juga: 2 Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban dan Ragam Amalan yang Bisa Dilakukan, Kapan Malam Nisfu Syaban 2024?

“Tidaklah aku melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban" (HR Bukhari dan Muslim).

Adapun puasa nisfu Syaban juga tercatat dalam hadits riwayat Ibn Majah, dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far, berikut artinya:

"Jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka sholatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah SWT turun ke langit dunia ketika matahari terbenam...".

Bagi yang ingin menjalankannya, ketahui bahwa pelaksanaan puasa nisfu Syaban dilakukan pada 15 Syaban 1445 H yang bertepatan dengan Minggu, 25 Februari 2024.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x