Puasa Nisfu Syaban 2024 Kapan, Tanggal Berapa? Ini Jadwal, Bacaan Niat dan Keutamaannya

- 23 Februari 2024, 09:04 WIB
Ilustrasi - Puasa nisfu Syaban 2024 kapan, tanggal berapa? Yuk cek jadwal puasa nisfu Syaban, bacaraan niat dan keutamaannya.
Ilustrasi - Puasa nisfu Syaban 2024 kapan, tanggal berapa? Yuk cek jadwal puasa nisfu Syaban, bacaraan niat dan keutamaannya. /Pixabay/liyaquath ali koottakkil

BERITA DIY - Saat ini banyak yang sedang cari puasa nisfu Syaban 2024 kapan, tanggal berapa. Yuk cek jadwal, bacaraan niat dan keutamaannya di artikel ini.

Puasa nifsu Syaban merupakan salah satu amalan yang diajurkan bagi umat Islam ketika bulan Syaban.

Adapun jadwal puasa nisfu Syaban yaitu pada tanggal 15 Syaban. Nah untuk tahun ini, 15 Syaban 1445 H bertepatan dengan tanggal 25 Februari 2024.

Jadi bagi yang ingin menunaikan amalan puasa nisfu Syaban bisa bersiap. Apalagi puasa nisfu Syaban ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Baca Juga: Malam Nisfu Syaban 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal, Keutamaan, Niat Puasa, hingga Amalan

Puasa nisfu Syaban ini tertulis di hadist riwayat Bukhari dan Muslim. Diriwayatkan oleh Aisyah RA: 

“Tidaklah aku melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidaklah aku melihatnya puasa paling banyak dalam sebulan, kecuali bulan Syaban" (HR Bukhari dan Muslim).

Adapun puasa nisfu Syaban juga tercatat dalam hadits riwayat Ibn Majah, dari Mu'awiyah bin Abdillah bin Ja'far, berikut artinya:

"Jika masuk malam pertengahan bulan Syaban maka sholatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Karena Allah SWT turun ke langit dunia ketika matahari terbenam..."

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x