Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban Arab dan Latin Beserta Kapan Jadwal Malam Nisfu Syaban 1445 H Tahun 2024

- 21 Februari 2024, 10:47 WIB
Ilustrasi- Al Quran dan kurma, bacaan niat Puasa Nisfu Syaban Bahasa Arab, latin, dan doa buka puasa beserta kapan jadwal malam Nisfu Syaban 1445 H tahun 2024.
Ilustrasi- Al Quran dan kurma, bacaan niat Puasa Nisfu Syaban Bahasa Arab, latin, dan doa buka puasa beserta kapan jadwal malam Nisfu Syaban 1445 H tahun 2024. /Pexels.com/@khats cassim

BERITA DIY - Informasi bacaan niat Puasa Nisfu Syaban dengan Bahasa Arab dan latin, beserta kapan jadwal malam Nisfu Syaban 1445 H tahun 2024 ini.

Puasa Nisfu Syaban merupakan puasa sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat Islam.

Dengan begitu perlu untuk diketahui bacaan niat Puasa Nisfu Syaban lengkap dengan kapan jadwal malam Nisfu Syaban 1445 H pada tahun 2024 ini.

Nisfu Syaban memiliki arti pertengahan bulan Syaban tahun Hijriah, yang mana pada saat itu Allah SWT membukakan 300 pintu rahmat dan ampunan untuk hamba-Nya.

Selain itu Rasulullah SAW, juga gemar sekali berpuasa sunnah pada bulan Syaban, sebagaimana bunyi hadis dari Syekh Nawawi al-Bantani berikut:

Baca Juga: Jadwal Puasa Nisfu Syaban 2024, Kapan 15 Syaban 1445 H Jatuh Tanggal Berapa? Niat Puasa Tulisan Arab dan Latin

 وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ   

Artinya: Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197). Dilansir BERITA DIY dari laman NU Online Lampung.

Sedangkan jika merujuk pada kalender Islam, untuk malam Nisfu Syaban 1445 H atau pada tahun 2024 sendiri, akan jatuh pada Sabtu malam Minggu, 25 Februari 2024.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x