Malam Nisfu Syaban Jam Berapa, Ini Doa Niat Puasa Sunnah Bulan Syaban Arab Latin

- 23 Februari 2024, 16:18 WIB
Ilustrasi. Ketahui kapan malam Nisfu Syaban jam berapa dan doa niat puasa sunnah Bulan Syaban Arab latin untuk dilafalkan.
Ilustrasi. Ketahui kapan malam Nisfu Syaban jam berapa dan doa niat puasa sunnah Bulan Syaban Arab latin untuk dilafalkan. /Pexels.com/@khats cassim

BERITA DIY - Banyak yang mencari malam Nisfu Syaban jam berapa dan doa niat puasa sunnah Bulan Syaban Arab latin untuk dilafalkan.

Dalam Kalender Hijriah yang digunakan oleh umat Islam, Bulan Syaban merupakan bulan yang diapit oleh dua bulan istimewa yakni Rajab dan Ramadhan.

Dalam Bulan Syaban, ada hari yang begitu banyak keutamaannya yakni pada tanggal 15 Syaban yakni Nisfu Syaban.

Dalam Kalender Masehi, 15 Syaban 1445 H jatuh pada tanggal 24 Februari 2024 mulai jam 18.01 WIB atau saat adzan Maghrib berkumandang.

Baca Juga: 2 Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban dan Ragam Amalan yang Bisa Dilakukan, Kapan Malam Nisfu Syaban 2024?

Kemudian, hari Nisfu Syaban berlangsung pada 24-25 Februari 2024 selama 24 jam setelah Sholat Maghrib hingga bertemu adzan Maghrib lagi.

Sejumlah keutamaan Nisfu Syaban yakni melakukan sholat sunnah, membaca Al Quran, berdoa memohon ampunan, berpuasa, hingga memperbanyak dzikir serta istighfar.

Paling umum, amalan Nisfu Syaban yang dilakukan oleh umat muslim ialah puasa dan sholat sunnah.

Jika tidak puasa Nisfu Syaban, umat muslim juga bisa puasa Ayyamul Bidh pada tanggal 13, 14, dan 15 di tiap bulan kalender Hijriah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x