Kalender Jawa 3 Februari 2024 Lengkap Nama Weton, Neptu dan Gambaran Sifat Orang Lahir Sabtu Kliwon

- 2 Februari 2024, 20:10 WIB
Kalender jawa 3 Februari 2024 lengkap nama weton, wuku, pasaran, neptu dan gambaran sifat orang lahir pada Sabtu Kliwon.
Kalender jawa 3 Februari 2024 lengkap nama weton, wuku, pasaran, neptu dan gambaran sifat orang lahir pada Sabtu Kliwon. /Dok. Kemenag

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa 3 Februari 2024 lengkap nama weton, wuku, pasaran, neptu dan gambaran sifat orang lahir pada Sabtu Kliwon.

Melihat kalender Jawa hari ini Sabtu, 3 Februari 2024 bertepatan pada tanggal berapa dan weton, wuku, pasaran, neptu cek di sini.

Sebagai informasi, kalender Jawa terdiri dari siklus 12 bulan, yang masing-masing memiliki nama unik. Setiap bulan dimulai pada fase bulan baru (bulan purnama).

Selain itu, kalender Jawa juga mengenal pembagian waktu yang disebut dengan "wetonan" atau "weton," yang merupakan kombinasi dari dua elemen kalender Jawa, yaitu hari (dalam satu minggu terdapat 7 hari) dan pasaran (dalam satu siklus terdapat 5 pasaran).

Baca Juga: Kalender Jawa 2 Februari 2024 Lengkap Tanggalan Weton, Neptu, Pasaran dan Gambaran Watak Jumat Wage

Meskipun sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kalender Gregorian untuk keperluan sehari-hari dan administratif.

Kalender Jawa masih dipertahankan untuk menentukan hari-hari yang dianggap penting, seperti perayaan tradisional, upacara keagamaan, dan juga dalam praktik-praktik kebudayaan Jawa lainnya.

Selain itu, kalender Jawa juga sering digunakan dalam ramalan atau perhitungan kecocokan pasangan dalam pernikahan atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kepercayaan mistis.

Adapun untuk hari Sabtu, 3 Februari 2024 diketahui dalam Kalender Jawa bertepatan pada tanggal 23 Rejeb 1957.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x