Berapa Biaya Pemindahan Tiang Listrik di Depan Rumah dan Prosedur Cara Mengajukan ke PLN

- 15 Januari 2024, 16:10 WIB
Ilustrasi - penjelasan berapa biaya pemindahan tiang listrik di depan rumah dan prosedur cara mengajukan ke PLN.
Ilustrasi - penjelasan berapa biaya pemindahan tiang listrik di depan rumah dan prosedur cara mengajukan ke PLN. /Pixabay/Mosntra

BERITA DIY - Simak berapa biaya pemindahan tiang listrik di depan rumah dan prosedur cara mengajukan ke PLN.

Warganet sedang dihebohkan oleh video viral seorang warga yang diminta membayar sejumlah uang untuk pemindahan tiang listrik yang ada di area lahan pribadinya.

Peristiwa ini diketahui terjadi di Desa Sukorejo, Sidoarjo, Jawa Timur. Dalam video yang beredar dinarasikan bahwa orang dalam video mengajukan pemindahan tiang listrik yang menempati pekrangan rumahnya kepada PLN.

Dia pun dimintai sejumlah uang untuk proses pemindahan tiang listrik hingga Rp11 juta. Biaya itu turun dari permintaan awal sebesar Rp16 juta.

Baca Juga: Cara Daftar Promo Tambah Daya Listrik PLN 2023, Apakah Gratis dan Berlaku Sampai Kapan?

Lantas berapa biaya pemindahan tiang listrik yang sebenarnya dan bagaimana prosedur serta cara mengajuakannya ke PLN?

Warga masyarakat sebanarnya bisa mengajukan pemindahan tiang listrik PLN sesuai prosedur yang ada di Pasal 42 Perpu No 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Diketahui pemegang perizinan usaha tenaga listrik memiliki hak untuk melintasi berbagai lokasi termasuk sungai, danau, laut, jalanan umum, jalur kereta api, tempat umum, tanah, dan bangunan.

Tetapi dalam pasal 30 UU Cipta Kerja ditulis bahwa pemakaian tanah harus disertai dengan ganti rugi atau kompensasi kepada pemilik lahan sesuai dengan nilai ekonomis harga tanah.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x