Download PDF Contoh Promes Kurikulum Merdeka SD Semester 2 dan Apa Itu Prota dalam Perangkat Ajar Guru

- 2 Januari 2024, 11:56 WIB
Ilustrasi. Link download PDF contoh Promes Kurikulum Merdeka SD semester 2. Lalu, apa itu Prota K13 dalam perangkat ajar guru.
Ilustrasi. Link download PDF contoh Promes Kurikulum Merdeka SD semester 2. Lalu, apa itu Prota K13 dalam perangkat ajar guru. /UNSPLASH/Husniati Salma

BERITA DIY - Berikut ada link download PDF contoh Promes Kurikulum Merdeka SD semester 2. Lalu, apa itu Prota K13 dalam perangkat ajar guru.

Dalam Kuriulum Merdeka atau K13 ada perangkat ajar guru baru yang wajib dimiliki selain bahan ajar, modul ajar/RPP+, modul projek, dan buku teks yakni Prota dan Promes.

Prota singkatan dari Program Tahunan (Prota) yang merupakan program pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan dalam waktu satu tahun.

Pembuatan Prota dilakukan tiap tahun ajaran baru. Prota digunakan untuk gambaran besar dari pencapaian Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD).

Baca Juga: 60 Daftar Mata Pelajaran SNBP 2024 Kurikulum Merdeka Masuk Universitas PTN

Untuk merinci kegiatan prota, guru dapat membuat Program Semester disingkat Promes. Promes berisi rencana pembelajaran selama satu semester dengan acuan dari Prota.

Dalam pembuatan Promes Kurikulum Merdeka wajib mempertimbangkan alokasi waktu, jumlah pokok materi yang bakal dibahas, hingga frekuensi ujian berdasarkan jadwal di kalender pendidikan.

Berikut fungsi Promes Kurikulum Merdeka bagi guru:

- Memberikan bantuan kepada guru dalam mengatur pembelajaran dengan optimal selama 1 semester.

- Meningkatkan kemampuan guru dalam mengarahkan kegiatan pembelajaran secara terprogram.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x