Kenapa Rohingya Diusir dari Myanmar? Benarkah Kabur dari Negaranya dan dari Mana Etnis Rohingnya Berasal

- 10 Desember 2023, 12:40 WIB
Ilustrasi- Pengungsi Rohingya, informasi kenapa Rohingya diusir dari Myanmar, benarkah kabur dari negaranya dan dari mana sebenarnya Etnis Rohingya ini berasal.
Ilustrasi- Pengungsi Rohingya, informasi kenapa Rohingya diusir dari Myanmar, benarkah kabur dari negaranya dan dari mana sebenarnya Etnis Rohingya ini berasal. /Tangkap layar instagram.com/unhcrindonesia

BERITA DIY - Informasi kenapa Rohingya diusir dari Myanmar, benarkah kabur dari negaranya dan dari mana sebenarnya Etnis Rohingya ini berasal.

Sekelompok Rohingnya kembali membuat gempar jagat maya, setelah kapal yang berisi ribuan Etnis Rohingya mendarat di Indonesia.

Warganet juga ramai membahas, kenapa sebenarnya Rohingnya ini diusir dari Myanmar dan apakah benar kabur dari negara asal?

Rohingya sebenarnya adalah minoritas muslim yang berasal dari negara bagian Rakhine Arakan di Myanmar Burma.

Baca Juga: Kenapa Etnis Rohingya di Myanmar Ditolak oleh Mayoritas Buddha? Ini Penyebab dan Alasan Mengungsi

Etnis Rohingya ini menjadi kelompok minoritas muslim yang mendiami negara dengan populasi agama Budha yang sangat besar.

Dilansir BERITA DIY dari laman Britannica, Rohingya memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan nenek moyang yang berasal dari akhir abad ke-7, terkait etnis, budaya, hingga bahasa yang digunakan.

Perbedaan tersebut juga mendominasi mayoritas penduduk Myanmar melakukan diskriminasi terhadap orang-orang Rohingya.

Masyarakat Budha di Myanmar menolak keberadaan Etnis Rohingnya, karena menganggap bahwa Rohingya adalah komunitas yang sebagian besar berasal dari imigran ilegal asal Bangladesh.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x