Apa Itu Gencatan Senjata dalam Perang beserta Syarat dan Contoh Peristiwanya

- 15 November 2023, 11:40 WIB
Ilustrasi - apa itu gencatan senjata dalam perang atau konfilik beserta syarat dan contoh peristiwanya yang pernah terjadi.
Ilustrasi - apa itu gencatan senjata dalam perang atau konfilik beserta syarat dan contoh peristiwanya yang pernah terjadi. /Pixabay/Geralt

BERITA DIY - Ketahui apa itu gencatan senjata dalam perang beserta syarat dan contoh peristiwanya, melalui ulasan berikut.

Hingga hari ini masih banyak pihak mendesak gencatan senjata di tengah konflik Hamas-Israel yang berkecamuk sejak 7 Oktober 2023.

Usulan gencata senjata diserukan oleh ketua 18 badan PBB, UNICEF, UN Women, Save The Children, hingga pimpinan negara di berbagai belahan dunia.

Sayangnya sampai saat ini konflik Hamas-Israel di Jalur Gaza yang menewaskan lebih dari 11 ribu orang masih berlangsung, dan kemungkinan terjadinya gencatan senjata sangat tipis.

Lantas apa itu gencatan senjata?

Gencatan senjata adalah perjanjian menghantikan perang atau konflik bersenjata yang sedang terjadi antara dua kubu yang berkonflik.

Baca Juga: Apa Itu Asesmen Literasi dan Numerasi dalam Instrumen ANBK di Kurikulum Merdeka yang Penting Dipahami Guru!

Mengutip laman Cambridge Dictionary, gencatan senjata (ceasefire) kesepakatan yang dilakukan antara dua pasukan, untuk menghentikan pertempuran untuk melakukan negosiasi tentang perdamaian.

Terciptanya genjatan senjata antara dua kubu yang berkonflik biasanya dibantu oleh pihak ketiga, yang berperan sebagai mediator.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x