Tanggal 27 Oktober 2023 Hari Apa, Memperingati Peristiwa Apa Ternyata Ada 3 Peringatan Hari Besar Nasional

- 26 Oktober 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi. Cek tanggal 27 Oktober 2023 hari apa memperingati peristiwa apa, ternyata ada 3 peringatan hari penting nasional, ada Hari Listrik Nasional.
Ilustrasi. Cek tanggal 27 Oktober 2023 hari apa memperingati peristiwa apa, ternyata ada 3 peringatan hari penting nasional, ada Hari Listrik Nasional. /PEXELS/picjumbo.com

BERITA DIY - Ada banyak peringatan hari penting di bulan Oktober, termasuk pada 2023. Lalu besok Jumat, 27 Oktober 2023 ada peringatan apa saja?

Ternyata tanggal 27 Oktober ditetapkan sebagai 3 peringatan hari penting di skala nasional, salah satunya Hari Listrik Nasional ke-78. cek sejarah singkatnya dan 2 hari penting lainnya di sini.

Besok bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Akhir 1445 H di kalender Hijriyah dan dalam kalender jawa adalah tanggal 11 Bakda Mulud 1957. Ada 3 peristiwa penting yang akan terjadi besok.

Peristiwa pertama yakni peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) 2023 yang ke-78. Menurut sejarah, tanggal ini diambil dari dari peristiwa penting di tahun 1945.

Baca Juga: Tanggal 26 Oktober Memperingati Hari Apa? Inilah Perayaan Internasional dan Peristiwa Kelam di Indonesia

Pada saat itu terjadi momentum nasionalisasi perusahaan-perusahaan listrik dan gas yang semula dikuasai penjajah Jepang. Perusahan tersebut berhasil dikuasai oleh pemuda dan buruh listrik.

Setelah lepas dari genggaman Jepang, kemudian perusahaan diserahkan kepara pemerintahan Indonesia. Pada tanggal 27 Oktober 1945 sama dibentuklah Jawatan Listrik dan Gas.

Pada HLN tahun ini, peringatan akan mengusung tema "Terang Negeriku, Bangkit Indonesiaku". Anda bisa ikut memperingatinya dengan berbagai cara, misalnya menghemat listrik dan mengikuti program pemerintah tentang listrik.

Kedua memperingati hari apa lagi? Selain HLN, besok juga menjadi peringatan Hari Penerbangan. Mengapa hari ini dijadikan sebagai Hari Penerbangan Nasional?

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x