Siri Na Pacce Artinya Apa Ini Makna dalam Bahasa Bugis dan Contoh Sikap Budaya Siri' na Pacce

- 24 Oktober 2023, 10:49 WIB
Ilustrasi - Penjelasan Siri na Pacce artinya apa, ini makna dalam Bahasa Bugis dan contoh sikap budaya Siri' na Pacce Makassar Sulawesi dalam kehidupan.
Ilustrasi - Penjelasan Siri na Pacce artinya apa, ini makna dalam Bahasa Bugis dan contoh sikap budaya Siri' na Pacce Makassar Sulawesi dalam kehidupan. /PEXELS/ArtHouse Studio

BERITA DIY - Masih asing dengan istilah Siri na Pacce artinya apa. Ketahui makna dalam Bahasa Bugis dan contoh sikap Siri' na Pacce dalam budaya Makassar Sulawesi dalam kehidupan.

Istilah Siri' na Pacce berasal dari budaya masyarakat Bugis Makassar, Sulawesi Selatan yang memuat nilai moralitas kesusilaan. Istilah tersebut berasal dari kata Bahasa Bugis.

Budaya Siri' na Pacce ini memiliki makna yang penting bagi kehidupan. Maka dari itu perlu sekali memahapi apa makna dan contoh sikap dalam penerapan kehidupan sehari-hari.

Budaya ini ada di kebiasaan Sulawesi Selatan khususnya masyarakat Bugis, Makassar, Mandar dan Tana Toraja. Ungkapan tersebut juga sering dijadikan jargon dan identitas masyarakat setempat.

Baca Juga: Kratom Adalah Apa dan Benarkah Narkoba? Ini Manfaat Daun Kratom dan Efek yang Bisa Ditimbulkan

Dilihat dari arti perkata, "Siri' na Pacce" berasal dari Bahasa Bugis. "Siri" artinya rasa malu atau harga diri, "Pacce" atau "Pesse" artinya tedak tega, kasihan, iba, pedih atau pedas.

Jargon tersebut juga dapat menggambarkan identitas kepintaran emosional untuk dapat menikmati kepedihan atau kesusahan pribadi lain dalam komunitas tertentu, sehigga memunculkan solidaritas dan empati.

Budaya tersebut telah dijunjung tinggi oleh masyarakat Bugis Makassar. Jika sesorang tidak memiliki sikap yang mencerminkan Siri' na Pacce maka orang tersebut mungkin saja akan bertingkah melebih hewan.

Hal tersebut terjadi karena orang tersebut tidak memiliki rasa malu, rasa iba, rasa kepedulian sosial, maupun harga diri. Orang-orang tersebut cenderung ingin menang sendiri dan hanya mengutamakan hawa nafsu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x