Bacaan Qunut Nazilah Dibaca Kapan? Apa yang Dimaksud Doa Qunut Nazilah, Ini Perbedaan dengan Qunut Subuh

- 20 Oktober 2023, 14:40 WIB
Ilustrasi- Membaca doa Qunut Nazilah, bacaan Qunut Nazilah dengan tulisan Arab latin dibaca kapan, apa yang dimaksud doa qunut tersebut, dan perbedaan dengan Qunut Subuh.
Ilustrasi- Membaca doa Qunut Nazilah, bacaan Qunut Nazilah dengan tulisan Arab latin dibaca kapan, apa yang dimaksud doa qunut tersebut, dan perbedaan dengan Qunut Subuh. /Pexels.com/@ Alena Darmel
 
BERITA DIY - Berikut bacaan Qunut Nazilah dengan tulisan Arab dan latin dibaca kapan, apa yang dimaksud doa qunut tersebut, dan inilah perbedaan dengan Qunut Subuh.
 
Hari Jumat, 20 Oktober 2023, Wakil Rais NU Sidoarjo, KH Nurcholis Misbah menganjurkan muslim Indonesia untuk membaca bacaan Qunut Nazilah bagi Palestina yang tengah menghadapi kebiadapan Israel.
 
Lantas bagaimana sebenarnya bacaan Qunut Nazilah itu, dibaca kapan, dan apa bedanya dengan doa Qunut Subuh?
 
Adapun bacaan Qunut Nazilah sendiri dapat dikerjakan sebagai doa ketika tengah mengalami musibah besar, baik meminta perlindungan dari bencana maupun wabah penyakit.
 
 
Seperti yang telah dikutip BERITA DIY dari laman UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, bacaan Qunut Nazilah bisa dibaca pada setiap sholat fardhu di rakaat terakhir setelah melakukan ruku'.
 
Namun bacaan Qunut Nazilah ada sedikit perbedaan dengan Qunut yang biasa dibaca pada waktu Subuh, karena doa qunut ini memiliki isi yang lebih lengkap dan dibaca pada waktu tertentu saja guna untuk meminta perlindungan dari bencana.
 
Bacaan Qunut Nazillah
 
اللَّهُمَّ اهْدِنِي فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِي فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَ وَقِنِي شَرِّمَا قَضَيْتَ فَا نَّكَ تَقْضِي وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لا يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلَا يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا
قَضَيْتَ وَأَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ اللَّهُمُ ادْفَع عَنَّا وَعَنِ المُسْلِمِينَ العَلاءَ وَالبَلاءَ وَالْوَباءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوفَ الْمُخْتَلِفَة وَالشَّدَائِدَ الْمِهَنَ وَالْفِتْنَ وَالسُّوءَ وَالزِّنَا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
 
Allaahummahdii fiiman hadaiyt wa 'aafinaa fiiman 'aafaiyt wa tawallani fiiman tawallaiyt wa baarikli fiimaa a'thoiyt Wa qini syarro maa qodloiyt. Fainnaka taqdlii walaa yuqdloo 'alaiyk wa innahu laa yadzillu man waalayt wa laa ya'izzu man 'aadaiyt. Tabaarokta robbanaa wa ta'aalaiyt. Fa lakal hamdu 'alaa maa qodloiyt. Astaghfiruka wa natuubu ilaiyk. Allaahummadfa' 'annal gholaa'a wal balaa'a wal wabaa' wal fahsyaa'a wal munkar. Was suyuufal mukhtalifata wasy syadaaida wal mihan. Maa zhoharo minhaa wa maa bathon. Mim balainaa hadzaa khoosshoh wa min buldaanil muslimiina 'aammatan innaka 'alaa kulli syaiin qadiir. Wa shallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.
 
 
Artinya: "Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin."
 
"Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan."
 
"Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad Saw beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."
 
 
Demikianlah bacaan Qunut Nazilah dengan tulisan Arab dan latin dibaca kapan, apa yang dimaksud doa qunut tersebut, dan inilah perbedaan dengan Qunut Subuh.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x