Peristiwa G30S PKI: Sejarah Singkat, Daftar Pahlawan yang Gugur dan Siapa Dalang Pemberontakan?

- 30 September 2023, 13:40 WIB
Peristiwa G30S PKI termasuk sejarah singkat, daftar pahlawan yang gugur dan siapa dalang pemberontakan bisa cek di sini.
Peristiwa G30S PKI termasuk sejarah singkat, daftar pahlawan yang gugur dan siapa dalang pemberontakan bisa cek di sini. /Tangkap Layar YouTube.com/Hendra Ahya

BERITA DIY - Simak informasi berkaitan dengan peristiwa G30S PKI termasuk sejarah singkat, daftar pahlawan yang gugur dan siapa dalang pemberontakan.

Sabtu, 30 September 2023, masyarakat Indonesia kembali mengenang sejarah kelam dan berdarah di masa lalu.

Tepat di hari ini sejumlah pahlawan gugur dalam peristiwa G30S PKI. Bendera setengah tiang pun diimbau untuk dikibarkan untuk mengenang para pahlawan.

Peristiwa G30S PKI yang menjadi sejarah kelam terjadi pada 30 September 1965 malam hingga 1 Oktober 1965. 

Baca Juga: Sejarah G30S PKI, Siapa Dalang Pemberontakan?

Dalang pemberontakan G30S masih kontroversi, tapi yang disebut adalah Letkol Untung Sjamsuri yang merupakan Komandan Batalyon KK I Cakrabirawa (pengawal Presiden Soekarno).

Peristiwa G30S PKI terjadi pada 30 September 1965 malam, dimulai dari pasukan di bawah Letkol Untung mendatangi tujuh rumah jenderal TNI Angkatan Darat.

Pasukan tersebut menculik para perwira TNI Angkatan Darat yang disinyalir merupakan Dewan Jenderal.

Satu jenderal yang berhasil lolos dari kejaran Pasukan Cakrabirawa yaitu Jenderal AH Nasution. Tapi, putri (Ade Irma) dan ajudannya (Pierre Tendean) tewas.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x