Ada Apa denganTanggal 30 September 2023 Jam 3 Pagi Kenapa Tidak Boleh Membuka Pintu, Memperingati Hari Apa?

- 27 September 2023, 17:10 WIB
Ilustrasi - Ada apa dengan tanggal 30 September 2023 jam 3 pagi/malam, alasan kenapa tidak boleh membuka pintu rumah, cek memperingati hari besar apa.
Ilustrasi - Ada apa dengan tanggal 30 September 2023 jam 3 pagi/malam, alasan kenapa tidak boleh membuka pintu rumah, cek memperingati hari besar apa. /PEXELS/PIRO4D

BERITA DIY - Penjelasan ada apa dengan tanggal 30 September 2023 jam 3 pagi, alasan kenapa tidak boleh membuka pintu rumah, cek memperingati hari besar apa.

Beberapa orang mungkin belum mengetahui alasan larangan membuka pintu rumah pada jam 3 pagi atau malam pada tanggal 30 September 2023 yakni pada hari Sabtu ini.

Ternyata hal itu ada kaitannya dengan sejarah penting bagi Bangsa Indonesia. Ketahui tanggal 30 September memperingati apa dan ada peristiwa besar apa.

Sekitar 58 tahun lalu, terjadi peristiwa yang menggegerkan Indonesia, yakni peristiwa G30S PKI atau yang dikenal dengan Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh).

Baca Juga: Tanggal 30 September Memperingati Hari Apa, Apakah Libur Tanggal Merah? Cek Peringatan Hari Libur Nasional

Peristiwa tersebut telah merenggut banyak nyawa para petinggi pemerintah Indonesia. G30S PKI terjadi pada 30 September sampai 1 Oktober 1965.

Sepanjang malam tersebut menjadi malam yang menggerikkan. Saat itu Partai Komunis Indonesia (PKI) yang menentang pemerintahan sah melakukan kudeta.

Dalam gerakan tersebut terjadi pada masa Pemerintahan Predisden Sukarno. Akibar peristiwa G30S PKI, 6 perwira tinggi militer Indonesia dan 1 orang penting tewas dibunuh dan dikubur lubang buaya.

Ketujuh perwira yang tewas tersebut adalah Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jendral Raden Soeprapto, Mayor Jendral Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jendral Siswondo Parman, Brigadir Jendral Donal Isaac Panjaitan, Brigadir Jendral Sutoyo Siswodiharjo, Mayor Jenderal Raden Suprapto dan Letnan Pierre Aandreas.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah