Jadwal Puasa Maulid Nabi 2023, Keutamaan dan Bacaan Niat, Apakah Boleh Puasa di Hari Maulid Nabi?

- 27 September 2023, 11:39 WIB
Ilustrasi - Jadwal puasa Maulid Nabi 2023, keutamaan, bacaan niat, dan penjelasan apakah boleh puasa di hari Maulid Nabi.
Ilustrasi - Jadwal puasa Maulid Nabi 2023, keutamaan, bacaan niat, dan penjelasan apakah boleh puasa di hari Maulid Nabi. /PEXELS/Pok Rie

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari jadwal puasa Maulid Nabi 2023, keutamaan dan bacaan niat. Apakah boleh puasa di hari Maulid Nabi?

Maulid Nabi merupakan momentum peringatan hari kelahiran Rasulullah Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi ini diadakan setiap tanggal 12 Rabiul Awwal, yang di tahun 1445 Hijriah ini bertepatan dengan Kamis, 28 September 2023.

Perlu diketahui, Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah atau hari Senin tanggal 20 April 571 Masehi.

Baca Juga: Hari Libur Maulid Nabi Tanggal 27 atau 28 September 2023? Ini Daftar Tanggal Merah September

Di momentum Maulid Nabi ini ada banyak amalan yang bisa digencarkan, seperti membaca Al-Qur’an, berzikir, berdoa, hingga puasa.

Puasa merupakan amalan yang bisa punya keutamaan pahala tak terhingga dari Allah SWT. Hal tersebut tertuang dalam hadist, berikut artinya:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, 'Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia [seorang hamba] telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.” (HR Bukhari dan Muslim). 

Lantas, apakah boleh puasa di hari Maulid Nabi Muhammad SAW? Jawabannya, diperbolehkan dan tidak ada larangan.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x