Apa Itu KTT BRICS 2023 di Afrika Selatan yang Dihadiri Jokowi, Isi Pertemuan Bilateral Adalah?

- 24 Agustus 2023, 16:14 WIB
Presiden Jokowi bersiap untuk menapaki jejak baru di benua Afrika, membawa semangat kerja sama dan persaudaraan global
Presiden Jokowi bersiap untuk menapaki jejak baru di benua Afrika, membawa semangat kerja sama dan persaudaraan global /BPMI Setpres/Muchlis Jr

 

BERITA DIY - Yuk mengenal apa itu KTT BRICS 2023 di Afrika Selatan yang dihadiri Jokowi, ini pertemuan bilateral adalah apa.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi diundang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023 yang digelar pada tanggal 22 Agustus.

Dilansir dari AFP, undangan KTT BRICS 2023 kepada Presiden Jokowi dispekulasikan bahwa Indonesia akan bergabung menjadi anggota terbaru.

Selain Indonesia, ada Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan sebagai tuan rumah yang ikut hadir dalam KTT BRICS 2023.

Baca Juga: KTT Asean 2023 Kapan dan Sampai Tanggal Berapa? Ini Tempat Lokasi KTT Asean ke-43 Indonesia

Lalu, apa itu BRICS?

BRICS adalah kelompok negara berkembang yang terdiri dari Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan. Situs web resminya menyatakan bahwa BRICS adalah kemitraan bilateral dari lima pasar negara berkembang terkemuka yang didirikan pada dasar persahabatan, solidaritas, dan kepentingan bersama.

Lalu, bagaimana sejarah BRICS?

Laporan Goldman Sachs tahun 2001, yang mempopulerkan akronim BRICS (Brazil, Russia, India, China, dan Afrika Selatan), membahas kembalinya negara-negara BRIC (Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) sebagai pemimpin ekonomi dunia.

BRICS berkomitmen untuk mengubah struktur politik, ekonomi, keuangan global menjadi adil, seimbang, dan representatif. Komitmen ini didasarkan pada prinsip-prinsip penting multilateralisme dan hukum internasional.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x