BLT Rp3 Juta Cair untuk UMKM yang Masuk Kategori Ini Agustus 2023, Tak Perlu Cek Penerima BPUM eform.bri.co.id

- 18 Agustus 2023, 15:12 WIB
Pelaku UMKM bisa dapat Rp4 juta bukan dari BPUM 2023, cek cara lengkap tanpa terdaftar di eform.bri.co.id berikut ini.
Pelaku UMKM bisa dapat Rp4 juta bukan dari BPUM 2023, cek cara lengkap tanpa terdaftar di eform.bri.co.id berikut ini. /depkop.go.id

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari link UMKM BRI daftar online 2023, cek penerima BPUM BRI eform.bri.co.id dan BNI banpresbpum.id NIK pakai KTP, BPUM 2023 kapan cair.

Ketahui BLT sebesar Rp 3 juta cair untuk UMKM yang masuk kategori berikut di Agustus 2023. Tak perlu cek penerima BPUM BRI eform.bri.co.id pakai KTP.

Pandemi COVID-19 memukul berbagai lini kehidupan kita, dan salah satu yang terdampak parah adalah sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Akan tetapi, ada berita baik untuk pelaku UMKM di tahun 2023.

Pada tahun 2020, menanggapi krisis yang mendera UMKM, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) memulai program Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro (BPUM).

Baca Juga: UMKM Input NIK KTP ke Link Ini untuk Cek Penerima BLT Rp3 Juta Agustus 2023 Tanpa Cek BPUM BRI eform.bri.co.id

Melalui program ini, UMKM yang memenuhi syarat bisa mendapatkan bantuan sejumlah Rp 2,4 juta. Diperkirakan, program ini sukses menyentuh hingga 12 juta penerima di seluruh Indonesia.

Namun, di tahun berikutnya, 2021, terjadi beberapa penyesuaian. Meskipun jumlah penerima tetap sama, nominal bantuan berkurang menjadi Rp 1,2 juta.

Dalam periode tersebut, UMKM bisa memeriksa status bantuan mereka melalui link dari BRI dan BNI. Sayangnya, keadaan berubah di tahun 2022. Link eform.bri.co.id dari BRI sudah tidak menampilkan informasi terkini, dan link banpresbpum.id dari BNI sudah tidak aktif.

Meski begitu, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan pada tahun 2023 tidak akan ada lagi BPUM. Alasannya? UMKM dinilai telah cukup pulih. Namun, ini bukan berarti pemerintah meninggalkan UMKM begitu saja.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah