Tirakatan Adalah Apa? Ini Contoh Susunan Acara Tirakatan Malam Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus Untuk RT & RW

- 14 Agustus 2023, 17:15 WIB
Simak informasi tentang arti dari Tirakatan dan contoh susunan acara tirakatan malam peringatan Kemerdekaan 17 Agustus untuk RT dan RW, lengkap di sini.
Simak informasi tentang arti dari Tirakatan dan contoh susunan acara tirakatan malam peringatan Kemerdekaan 17 Agustus untuk RT dan RW, lengkap di sini. /Mufid Majnun dari Pixabay

BERITA DIY – Berikut ini adalah informasi tentang tirakatan adalah apa? Ini contoh susunan acara tirakatan malam peringatan Kemerdekaan 17 Agustus Untuk RT dan RW, lengkap di sini.

Banyak yang sedang mencari apa arti dari tirakatan dan kenapa banyak yang melaksanakannya di Indonesia? Simak informasinya di sini.

Bagi yang sedang mencari referensi susunan acara tirakatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 terdapat di artikel ini.

Tirakatan banyak diperingati oleh berbagai lapisan masyarakat dan juga berbagai institusi mulai dari provinsi hingga RT dan RW untuk melakukan tirakat tak terkecuali untuk memperingati Kemerdekaan 17 Agustus.

Baca Juga: Lirik Lagu Lengkap 17 Agustus 1945 – Hari Merdeka yang Dinyanyikan saat Malam Tirakatan atau Upacara HUT RI

Definisi dari tirakatan yang dikutip oleh Berita DIY dari website senaraiistilahjawa.kemdikbud.go.id adalah sebuah tindakan mengasingkan diri serta menahan hawa nafsu dengan tujuan meningkatkan kekuatan fisik dan batin seseorang.

Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati tiap 17 Agustus,malam harinya sering dilakukan tradisi tirakatan.

Tradisi tirakatan ini banyak dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat dan diisi dengan cerita nilai-nilai nasionalisme.

Acara ini mempunyai berbagai tujuan diantaranya adalah sebagai bahan renungan dan penghormatan kepada para pahlawan.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x