Puasa Tasua dan Asyura 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa, Ini Bacaan Niat Puasa Sunnah Arab, Latin dan Arti

- 26 Juli 2023, 08:30 WIB
Ilustrasi - Puasa Tasua dan Asyura 2023 jatuh pada tanggal berapa, ini bacaan niat puasa sunnah di bulan Muharram arab, latin dan arti.
Ilustrasi - Puasa Tasua dan Asyura 2023 jatuh pada tanggal berapa, ini bacaan niat puasa sunnah di bulan Muharram arab, latin dan arti. /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar

BERITA DIY - Berikut informasi puasa Tasua dan Asyura 2023 jatuh pada tanggal berapa, ini bacaan niat puasa sunnah di bulan Muharram Arab, latin dan arti.

Memasuki bulan Muharram 1445 H, umat muslim dianjurkan memperbanyak ibadah termasuk puasa sunnah.

Dua puasa sunnah yakni Tasua dan Asyura juga menjadi amalan yang dianjurkan pada bulan Muharram.

Kapan puasa Tasua dan Asyura 2023, bertepatan pada tanggal berapa dan bisa mulai puasa sunnah di bulan Muharram 1445.

Baca Juga: Jadwal Puasa Muharram 2023, Bacaan Doa Niat, dan Keutamaan Melaksanakannya

Dalam sebuah hadis disebutkan dalam diriwayat Abu Hurairah R.A. dijelaskan tentang keutamaan puasa sunnah di bulan Muharram.

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw bersabda: ‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam,” (HR. Muslim).

Ditinjau melalui etimologi atau arti dalam bahasa, istilah Asyura berasal dari kata ‘Asyara yang artinya 'bilangan sepuluh'.

Sedangkan puasa Tasua adalah puasa sunnah yang dikerjakan setiap tanggal 9 Muharram, atau sehari sebelum hari Asyura 10 Muharram.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x