Sudah Cair! Cek Penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id Input NIK NISN, Ini Solusi Agar BLT Masuk Rekening

- 24 Juli 2023, 20:25 WIB
PIP sudah cair, cara cek penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id input NIK dan NISN beserta solusi agar BLT masuk rekening.
PIP sudah cair, cara cek penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id input NIK dan NISN beserta solusi agar BLT masuk rekening. /BERITA DIY/Rina Sari

BERITA DIY - Sudah cair, berikut cara cek penerima PIP 2023 di pip.kemdikbud.go.id input NIK dan NISN beserta solusi agar BLT masuk rekening.

BLT PIP merupakan bantuan yang diberikan setahun sekali oleh Kemdikbud Ristek kepada siswa SD, SMP, SMA dan SMK yang membutuhkan.

Pada tahun 2023 ini, Kemdikbud mengalokasikan kuota PIP untuk 14.303.732 siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Indonesia.

Bantuan PIP 2023 diharapkan bisa membantu pemenuhan kebutuhan pendidikan siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Baca Juga: Tanpa Terdaftar PIP 2023, Siswa Pemilik NISN Ini Dapat Bansos Rp 2 Juta Resmi Pemerintah, Daftarnya di Sini

Adapun siswa yang bisa menerima BLT PIP adalah siswa pemegang KIP dan siswa dari keluarga miskin, rentan miskin atau dengan pertimbangan khusus.

Pertimbangan khusus pada siswa penerima PIP yang dimaksud adalah dari keluarga peserta PKH; dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera; berstatus yatim piatu, yatim, piatu dari sekolah, panti sosial ataupanti asuhan; terkena dampak bencana alam.

Lalu pertimbahan khusus lainnya adalah siswa yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan kembali bersekolah; siswa yang mengalami kelainan fisik, korban musibah, dari orang tua yang mengalami PHK, di daerah konflik, dari keluarga terpidana, berada di Lapas, memiliki lebih dari 3 saudara yang tinggal serumah; dan peserta pada lembaga kursus atau satuan pendidikan nonformal lainnya.

Kemdikbud memberikan BLT PIP 2023 dibedakan berdasarkan jenjang pendidikan. Untuk siswa SD uang PIP sebesar Rp 450 ribu, siswa SMP Rp 750 ribu, siswa SMA dan SMK sebesar Rp 1 juta.

Halaman:

Editor: F Akbar


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah