Tempat Pembuangan Sampah di Jogja Di Mana Usai TPA Piyungan Tutup, Sampah Residu Dibuang Kemana? Ini Infonya

- 24 Juli 2023, 12:33 WIB
Tempat pembuangan sampah di Jogja terkedat, pengelolaan sampah di Jogja mana saja, sampah residu dibuang kemana, pengelolaan sampah di Sleman.
Tempat pembuangan sampah di Jogja terkedat, pengelolaan sampah di Jogja mana saja, sampah residu dibuang kemana, pengelolaan sampah di Sleman. /BERITA DIY/Sani Charonni

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari tempat pembuangan sampah di Jogja terdekat, pengelolaan sampah di Jogja mana saja, sampah residu dibuang kemana, pengelolaan sampah di Sleman.

Ketahui tempat pembuangan sampah di Jogja di mana usai TPA Piyungan tutup, sampah residu dibuang kemana? Simak info pengelolaan sampah terbaru.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Piyungan yang berlokasi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan ditutup sementara dari 23 Juli hingga 5 September 2023.

Alasan penutupan adalah kapasitas TPA yang telah melebihi batas yang telah ditentukan.

Baca Juga: Siapa Dokter Wayan Viral TikTok yang Rumahnya Penuh Sampah? Ini Profil Dokter Karawang yang Ramai Pasien

Melalui surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Beny Suharsono, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta meminta pemerintah kabupaten/kota untuk mengelola sampah secara mandiri selama periode penutupan tersebut.

Informasi ini disampaikan Kabag Humas Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji, ia menjelaskan bahwa surat kedaruratan terkait kondisi TPA Piyungan telah dikirimkan oleh Sekda DIY Beny Suharsono kepada bupati/wali kota sejak Mei 2023.

Jika tidak ditangani dengan baik, situasi ini berpotensi menimbulkan bencana akibat runtuh atau longsornya tampungan sampah. Oleh karena itu, tampungan sampah baru tengah disiapkan dan diharapkan selesai pada awal Oktober 2023.

Pada dasarnya, pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab dari kabupaten/kota. TPA Regional Piyungan sendiri idealnya hanya menampung residu sampah saja.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x