Khutbah Jumat Bulan Muharram 1444 H dan HUT RI ke 78 Link PDF dengan Tema: Spirit Hijrah, Semangat Perubahan

- 13 Juli 2023, 21:58 WIB
Iliustrasi. Khutbah Jumat Bulan Muharram 1444 H dan HUT RI ke 78 dengan tema
Iliustrasi. Khutbah Jumat Bulan Muharram 1444 H dan HUT RI ke 78 dengan tema /unsplash.com/@masjidpogungraya

BERITA DIY - Berikut informasi khutbah Jumat Bulan Muharram 1444 H dan HUT RI ke 78 dengan tema "Spirit Hijrah, Semangat Perubahan" link download PDF di sini.

Hari Asyura jatuh setiap 10 Muharram dalam penanggalan hijriyah. Tanggal ini momen istimewa dalam Islam, karena merekam berbagai peristiwa sejarah penting.

Beberapa peristiwa itu mulai dari Allah SWT menerima taubatnya Nabi Adam AS, hingga tragedi Karbala, momen tragis, juga sedih, tentang pembunuhan cucu Rasulullah SAW, Imam Al-Husen bin Ali, putra bungsu Imam Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az-Zahra.

Hari Asyura 1445 Hijriyah tahun ini tepat jatuh pada 29 Juli 2023, diputuskan melalui SKB 3 Menteri terbaru nomor 327 Tahun 2023, 1/2023, dan 1/2023.

Baca Juga: Download PDF Teks Khutbah Jumat NU Bulan Dzulhijjah Terbaik Paling Bagus Singkat Terbaru 2023: Haji Mabrur

Di Hari Asyura, umat Islam selalu mengsisinya dengan melakukan berbagai amalan seperti zikir, puasa, hingga memanjatkan doa: memohon tobat dan pengampunan dari Allah SWT.

Hari Asyura 10 Muharram telah menjadi momen istimewa dalam Islam karena menyimpan keberkahan dari Allah SWT berupa dilipatgandakan pahala hamba-Nya, karena Ayura termasuk dalam keutamaan bulan Muharram.

Naskah khutbah kali ini berisi pesan dari dua momen bersejarah yang memiliki relevansi dan titik persamaan kuat yaitu Hari Asyura dan HUT RI ke-76 .

Keduanya mengingatkan perihal pesan tentang nilai jihad, perjuangan, dan kemerdekaan sejati, baik dalam konteks melawan hawa nafsu sendiri maupun penjajahan luar.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x