Mengenal Adorasi Ekaristi, Devosi Kepada Sakramen Mahakudus Tiap Jumat Pertama, Ini Tata Cara Doa

- 6 Juli 2023, 15:30 WIB
Mengenal apa itu adorasi ekaristi, devosi kepada Sakramen Mahakudus lengkap tata cara doa secara pribadi.
Mengenal apa itu adorasi ekaristi, devosi kepada Sakramen Mahakudus lengkap tata cara doa secara pribadi. /PIXABAY/Eucharist/

BERITA DIY - Mengenal adorasi ekaristi, devosi kepada Sakramen Mahakudus yang biasanya dilakukan tiap Jumat pertama lengkap dengan tata cara doa secara pribadi, berikut ini.

Umat Katolik biasanya akan menggelar misa setiap hari jumat di minggu pertama tiap bulannya atau yang juga dikenal dengan nama Misa Jumat Pertama.

Setelah misa jumat pertama yang dilakukan pada hari Kamis Malam atau Jumat petang hingga malam ini biasanya akan dilanjutkan dengan Adorasi Ekaristi.

Apa itu adorasi ekaristi dan bagaimana tata cara umat katolik berdoa saat adorasi ekaristi tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Doa Kerahiman Ilahi Katolik, Ini Teks Doa yang Didoakan Setiap Jam 3 Sore

Adorasi Ekaristi atau yang juga dikenal sebagai Adorasi Sakramen Mahakudus ini adalah tindakan penyembahan kepada Tuhan yang hadir dalam rupa Hosti yang telah dikonsekrasikan.

Penghormatan terhadap Sakramen Mahakudus ini dilakukan setiap kita berlutut atau pun memberikan hormat di hadapan tabernakel yang di dalamnya diletakkan Sakramen Mahakudus dan menghormat sebelum menerima komuni dalam Misa Kudus.

Adorasi ekaristi ini dilakukan selama satu jam di harapan sakramen Mahakudus atau yang juga disebut dengan jam suci. Dalam melakukan adorasi ekaristi ini ita dapat berdoa secara pribadi.

Terdapat beberapa doa yang dapat dipilih saat melakukan adorasi tersebut mulai dari berdoa dari kitab mazmur, membaca doa ibadat haria, mengulangi doa Yesus, merenungkan kitab suci, membaca riwayat hidup santa/santo, hingga berdoa rosario.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x