Jalan Tol Cisumdawu Milik Siapa dan Kapan Dibuka? Ini Progres Pembangunan dan Rencana Jadwal Operasi Terbaru

- 5 Juli 2023, 14:14 WIB
Jalan tol Cisumdawu milik siapa, kapan dibuka, progres pembangunan dan rencana jadwal operasi terbaru.
Jalan tol Cisumdawu milik siapa, kapan dibuka, progres pembangunan dan rencana jadwal operasi terbaru. /Tangkap layar pu.go.id

Berita DIY - Jalan tol Cisumdawu milik siapa dan kapan dibuka? Simak progres pembangunan dan rencana jadwal oeprasi terbaru, di sini.

Jalan tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau yang biasa disingkat dengan Cisumdawu akan segera dioperasikan dalam waktu dekat ini.

Sebelumnya, jalan tol Cisumdawu seksi 4-6 sudah dioperasikan untuk mudik Lebaran 2023 lalu. Berdasarkan progres pembangunan terbaru, seksi 4 hingga seksi 6 antara Cimalaka hingga Dawuan ini juga sudah selesai.

Malansir laman resmi Kemenetrian PUPR, jalan tol Cisumdawu seksi 4-seksi 6 seanjang 29,3 km sudah dijadwalkan selesai pada pertengahan Juni 2023 lalu.

Baca Juga: Jalan Tol Jogja - Bawen Terbaru Juli 2023: Progres Konstruksi dan Desa Terdampak di Magelang dan Temanggung

Bahkan, sebelumnya jalan berbayar ini rencananya dioperasikan sejak Juni 2023 lalu, namun belum teralisasi dan diprediksi akan mulai beroperasi pada Juli 2023 ini.

Sebagai informasi, jalan tol Cisumdawu ini memiliki total panjang 60,1 km dan termasuk bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat dan menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka.

PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dimiliki oleh WTR dan memiliki hak pengusahaan jalan tol untuk segmen Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat dengan masa konsesi 40 tahun (2017 – 2057).

Dikutip dari wtr.co.id, saat ini, saham CKJT dimiliki oleh WTR sebesar 12,90%, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk dengan 43,86% sebagai pemilik mayoritas, PT Jasa Sarana dengan 2,95% saham, dan PT Brantas Abipraya (Persero) dengan kepemilikan sebesar 40,29%.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x