Jadwal Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah Beda? Kapan Tanggal Perayaannya?

- 5 Juni 2023, 15:10 WIB
Jadwal Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah berbeda. Kapan tanggal pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah tahun 1444 H?
Jadwal Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah berbeda. Kapan tanggal pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah tahun 1444 H? /Freepik.com/@rawpixel.com

BERITA DIY - Berikut merupakan info Jadwal Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah yang berbeda. Simak tanggal pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Pemerintah dan Muhammadiyah.

Saat ini sudah memasuki Bulan Dzulqodah. Pertanda sebentar lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijah 1444 H.

Penetapan tanggal 10 Dzulhijah ini terkadang berbeda-beda jika mengacu pada kalender masehi. Perhitungan pemerintah biasanya mengacu pada rukyah hilal, sedangkan Muhammadiyah berdasarkan perhitungan hisab hakiki.

Rukyah hilal ini merupakan kegiatan pemantauan atau penglihatan hilal. Rukyah hilal biasanya dilakukan pada akhir bulan hijrah yaitu pada tanggal 29 untuk menentukan apakah hari berikutnya sudah terjadi pergantian bulan atau belum.

Baca Juga: Kapan Idul Adha 2023 Muhammadiyah dan Pemerintah? Ini Jadwal Libur SKB 3 Menteri, Ada Cuti Bersama?

Adapun perhitungan hisab hakiki adalah metode penentuan awal bulan Qomariyah berdasarkan pada peredaran bulan, bumi, dan matahari yang sebenarnya. Perhitungan hisab hakiki didapatkan dari menghitung posisi-posisi geometris benda-benda langit guna menentukan penjadwalan waktu di muka bumi. Hal ini dilakukan agar dapat membuat perhitungan awal bulan Qomariah dan penanggalannya.

Oleh sebab itu, perbedaan ini semuanya sah menurut pendapat keyakinan masing-masing. Idul Fitri kemarin masyarakat Indonesia sempat merayakan di hari yang berbeda, begitu pula Idul Adha tahun 2023 juga sepertinya akan berbeda.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x