Apa Itu Itikaf? Simak Rukun, Syarat, dan Waktu Pelaksanaannya Untuk Jemput Berkah di Bulan Ramadhan 2023

- 7 April 2023, 17:25 WIB
Ilustrasi pengertian apa itu itikaf untuk menjemput berkah Ramadhan 2023 lengkap dengan rukun, syarat, dan waktu pelaksanaannya.
Ilustrasi pengertian apa itu itikaf untuk menjemput berkah Ramadhan 2023 lengkap dengan rukun, syarat, dan waktu pelaksanaannya. /Pixabay/surgull01

BERITA DIY - Bulan Ramadhan 2023 yang penuh berkah telah dilewati setengahnya oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan Ramadhan 2023 banyak ibadah yang dianjurkan dan mendapat pahala yang berlipat dari Allah Swt.

Salah satu ibadah yang biasanya dilangsungkan umat Muslim pada bulan Ramadhan 2023 adalah itikaf di Masjid. Itikah bahkan diutamakan pada sepuluh malam terakhir pada bulan Ramadhan 2023 ini.

Itikaf dianjurkan untuk dikerjakan pada sepuluh malam terkahir bulan Ramadhan 2023. Meski demikian, itikaf bisa dilakukan pada hari-hari biasanya oleh umat Muslim di Masjid.

Lantas apa itu Itikaf? Berikut pengertian apa itu itikaf untuk menjemput berkah Ramadhan 2023 lengkap dengan rukun, syarat, dan waktu pelaksanaannya tersaji dalam ulasan artikel ini.

Baca Juga: Amalan-amalan Malam Nuzulul Quran 2023, Diperingati Kapan? Ini Berbagai Keutamaan Malam Ramadhan

Sebelum melaksanakannya ada baiknya umat Muslim mengetahui terlebih dahulu apa pengertian itikaf itu sendiri, rukun, syarat, hingga waktu pelaksaannya.

Pengertian dan Rukun Itikaf

Dikutip dari laman resmi Kemenag Sumsel, Itikaf adalah berdiam diri di masjid dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah.

Itikaf merupakan sunnah yang telah dicontohkan oleh Rasulullah dengan sungguh-sunguh. Di antara keutamaan Itikaf, selain ia merupakan sunnah yang dicontohkan baginda Rasulullah dengan keutamaan yang sangat besar.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x