Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 183 dalam Al Quran tentang Kewajiban Puasa Ramadan Umat Islam

- 11 Maret 2023, 17:58 WIB
Simak Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah ayat 183 sesuai dengan Al Quran tentang kewajiban puasa Ramadan atas umat Islam dan Nabi Muhammad SAW.
Simak Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah ayat 183 sesuai dengan Al Quran tentang kewajiban puasa Ramadan atas umat Islam dan Nabi Muhammad SAW. /PEXELS/cahiwak

BERITA DIY – Simak informasi Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah ayat 183 tentang kewajiban melakukan ibadah puasa Ramadan yang diwajibkan atas umat Islam dan pengikut Nabi Muhammad SAW.

Puasa Ramadan adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam yang telah baligh dan berakal setiap tahunnya.

Puasa Ramadan juga menjadi salah satu rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim sebagai penanda iman dan takwa terhadap Allah SWT.

 

Seperti diketahui, perintah melakukan puasa Ramadan tertulis dalam Surat Al Baqarah ayat 183. Meski begitu, tentunya ada sebab dan asal muasal mengenai turunnya firman Allah SWT tersebut bagi umat Islam.

Baca Juga: Tol Cinere - Jagorawi Kapan Selesai? Ini Peta Rencana Tol Cinere Jagorawi dan Harga Tarif Tol

Dikutip dari laman NU Trenggalek, membahas Asbabun Nuzul mengenai perintah puasa Ramadan tidak terlepas dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW yang menjadi pemisah antara periode dakwah di Makkah dan Madinah.

Sebelumnya, Nabi Muhammad SAW hanya berpuasa pada tanggal 10 Muharram (puasa Asyura) dan puasa tiga hari di pertengahan bulan atau Ayyamul Bidh.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub