17 Link Twibbon Peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 Pilih dan Bagikan ke IG, WA dan FB Gratis

- 28 Februari 2023, 12:10 WIB
Link twibbon peringatan Serangan Umum 1 Maret, pilih dan bagikan ke sosial media gratis.
Link twibbon peringatan Serangan Umum 1 Maret, pilih dan bagikan ke sosial media gratis. /Tangkap layar Twibbonize.com

BERITA DIY – Simak informasi 20 link twibbon peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949 yang bisa dipilih dan dibagikan ke IG, WA dan FB gratis berikut ini.

Tanggal 1 Maret tiap tahunnya, Indonesia memperingati salah satu hari penting nasional yang bersejarah dalam penegakkan kedaulatan RI. Peristiwa yang diperingati tersebut adalah peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949.

Dilansir dari laman Museum Benteng Vredeburg, serangan umum 1 Maret 1949 merupakan proses respons atas Agresi Militer Belanda kedua yang menjadikan Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota RI menjadi sasaran utama.

 

Perencanaan serangan besar pun dilakukan oleh Jendral Sudirman dengan koordinasi bersama Letkol Soeharto. Serangan dilakukan pada tanggal 1 Maret 1949 pagi hari secara besar-besaran mulai pukul 06.00 WIB dengan pembunyiaan sirine.

Baca Juga: Lihat Daftar Hari Libur dan Tanggal Merah Bulan Maret 2023, Ada Cuti Bersama Hari Apa?

TNI pun berhasil menduduki kota Yogyakarta selama enam jam hingga pukul 12.00 WIB. Meskipun hanya mengusai Yogyakarta dalam wkatu singkat namun ini membuktikan eksistensi tentara Indonesia.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x