Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadhan di Hari Senin Kamis, Apa Ada Batas Waktu Puasa Qadha?

- 20 Februari 2023, 17:57 WIB
Lafal bacaan niat puasa ganti Ramadhan di hari Senin Kamis, apa puasa qadha pengganti karena halangan haid, hamil melahirkan, sakit dan dalam perjalanan jauh punya batas waktu? Lengkap apa itu puasa kafarat.
Lafal bacaan niat puasa ganti Ramadhan di hari Senin Kamis, apa puasa qadha pengganti karena halangan haid, hamil melahirkan, sakit dan dalam perjalanan jauh punya batas waktu? Lengkap apa itu puasa kafarat. /PIXABAY/@pictavio

BERITA DIY - Berikut lafal bacaan niat puasa ganti Ramadhan di hari Senin Kamis, apa puasa qadha pengganti karena halangan haid, hamil melahirkan, sakit dan dalam perjalanan jauh punya batas waktu? Lengkap apa itu puasa kafarat.

Sebutan pengganti puasa wajib Ramadhan yang bolong adalah puasa qadha. Membayar puasa wajib yang batal misal karena mentruasi, hamil-melahirkan, sakit dan dalam perjalanan jauh adalah kewajiban.

Dalam Islam, mengganti puasa wajib bersamaan dengan puasa sunnah hukumnya diperbolehkan. Dan hari apa saja juga bisa kecuali hari yang diharamkan untuk berpuasa seperti saat Hari Raya Idul Fitri.

 

Adapun tata cara puasa qadha sama seperti puasa pada umumnya, yakni membaca niat puasa, sahur, menahan lapar dan dahaga hingga adzan Maghrib dan berbuka pada waktunya.

Baca Juga: 1 Sya'ban 2023 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Ini Amalan dan Niat Puasa Syaban

Kapan batas waktu puasa qadha mengganti puasa wajib?

Ada dua pendapat mengenai batas waktu puasa qadha pengganti puasa wajib bulan Ramadhan yang nantinya juga bisa diganti dengan membayar fidyah.

Pendapat pertama, batas waktu puasa qadha ganti puasa Ramadhan yakni hingga Ramadhan selanjutnya tiba atau selama satu tahun. Jika tidak mampu menebusnya hingga batasan waktu yang ditentukan, ia wajib tetap puasa qadha ditambah membayar fidyah kepada orang miskin sebanyak satu mud dalam setiap satu hari puasa sebagai tebusan kelalaian karena telah melewati batas akhir.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x