Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2023 Mudah Cair, Adakah yang Masih Aktif? Cara Cek Pinjaman Online Legal Ilegal

- 29 Januari 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi - Daftar pinjol ilegal terbaru 2023 tak terdaftar OJK mudah cair, adakah yang masih aktif? Ini cara cek pinjaman online legal atau ilegal.
Ilustrasi - Daftar pinjol ilegal terbaru 2023 tak terdaftar OJK mudah cair, adakah yang masih aktif? Ini cara cek pinjaman online legal atau ilegal. /Pexels/Tima Miroshnichenko

BERITA DIY - Berikut informasi daftar pinjol ilegal terbaru 2023 tak terdaftar OJK mudah cair, adakah yang masih aktif? Ini cara cek pinjaman online legal atau ilegal.

Masih banyak beredar aplikasi atau Apk pinjol ilagal yang masih aktif beredar di Play Store hingga berupa website.

Ciri-ciri pinjol legal dan ilegal yang hampir mirip ini seringkali susah untuk dibedakan terutama saat akan memilih pinjaman online.

Terlebih beberapa risiko dari pinjaman online ialah bisa didatangi DC lapangan ke rumah setelah galbay atau gagal bayar.

Baca Juga: Modal KTP, Pinjaman Online BRI 25 Juta Ini Cepat Cair Tanpa Jaminan Cicilan 100 Ribu di Pinjol Bukan KUR 2023

Untuk itu, sebelum meminjam uang melalui pinjol atau pinjaman online sebaiknya kenali risikonya dan pilih pinjol legal agar mengurangi risikonya.

Selain itu ada beberapa cara untuk membedakan mana pinjol ilegal dan legal yang resmi terdaftar di OJK.

Meski OJK atau otoritas jasa keuangan sudah merilis daftar pinjol ilegal terbaru, jika mendapati aplikasi pinjaman online bisa cek secara mandiri.

Sementara itu, dilansir dari laman Indonesia Baik, masyarakat bisa mengecek suatu pinjol resmi atau tidak dengan cara:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x