Penjelasan BMKG Soal Cuaca Ekstrem Jakarta Hari Ini 28 Desember 2022, Badai Melanda Jabodetabek?

- 28 Desember 2022, 13:10 WIB
Ilustrasi – Simak penjelasan BMKG mengenai perkiraan cuaca ekstrem hingga badai yang akan melanda Jabodetabek hari ini, Rabu 28 Desember 2022.
Ilustrasi – Simak penjelasan BMKG mengenai perkiraan cuaca ekstrem hingga badai yang akan melanda Jabodetabek hari ini, Rabu 28 Desember 2022. /Pixabay/WikimediaImages

BERITA DIY – Hari ini, Rabu, 28 Desember 2022 diperkirakan akan terjadi cuaca ekstrem hingga badai yang melanda wilayah Jabodetabek. Memiliki pernyataan yang berbeda dengan Badan Riset Iklim dan Inovasi (BRIN), Badan Meteoroligi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akhirnya buka suara.

Sebelumnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui akun twitter @Eyulihastin selaku peneliti di Pusat Riset Iklim dan Atmosfer, membeberkan pernyataan mengenai akan adanya badai yang melanda wilayah Jabodetabek.

"Siapa pun Anda yang tinggal di Jabodetabek dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan badai dahsyat pada 28 Desember 2022," tulis Erma.

Dalam unggahannya tersebut, Erma juga menunjukkan pantauan laman sadewa yang dapat menampilkan arah datangnya badai besar. Ia menjelaskan bahwa badai tersebut akan datang melalui dua jalur.

Baca Juga: Peringatan Cuaca Ekstrem BMKG Libur Tahun Baru, Ini Daftar Prakiraan di Berbagai Wilayah Indonesia

“Badai dahsyat dari laut akan dipindahkan ke darat melalui dua jalur: dari barat melalui angin baratan yang membawa hujan badai dari laut (westerly burst) dan dari utara melalui angin permukaan yg kuat (northerly, CENS),” tulisnya pada akun yang sama.

Peneliti tersebut juga menyebutkan lokasi sentral yang akan terkena badai mulai siang hingga malam tiba.

“Maka Banten dan Jakarta-Bekasi akan menjadi lokasi sentral tempat serangan badai tersebut dimulai sejak siang hingga malam hari pada 28 Desember 2022,” tambahnya pada tulisan yang sama.

Informasi mengenai perkiraan terjadinya cuaca ekstrem hingga badai di Jabodetabek hari ini, Rabu, 28 Desember 2022 telah menggemparkan masyarakat.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x