Fenomena Gerhana Bulan Total 8 November 2022, Ini Jenis-Jenis Gerhana Bulan Selain Super Blood Moon

- 1 November 2022, 17:42 WIB
Ilustrasi uraian gerhana bulan total 8 November 2022, ini jenis-jenis gerhana Bulan dan daftar wilayah Indonesia yang tidak bisa melihat super blood moon.
Ilustrasi uraian gerhana bulan total 8 November 2022, ini jenis-jenis gerhana Bulan dan daftar wilayah Indonesia yang tidak bisa melihat super blood moon. /PIXABAY/@edege

BERITA DIY - Berikut informasi yang berkaitan dengan gerhana bulan total 8 November 2022, Jeni-jenis gerhana bulan lengkap dengan daftar wilayah Indonesia yang tidak bisa melihat super blood moon.

Salah satu fenomena langit yang diperkirakan akan terjadi pada bulan November 2022 adalah gerhana bulan total atau super blood moon.

Berdasarkan informasi dari BMKG, pada tahun 2022 ada empat kali gerhana yang terjadi dan yang terakhir adalah gerhana bulan total.

Dikutip dari kemdikbud.go.id, sebagai informasi bahwa gerhana bulan ada tiga jenis. Pertama gerhana bulan total terjadi karena bulan ditutupi oleh bayangan bumi seutuhnya.

Baca Juga: 25 Oktober 2022 Terjadi Gerhana Matahari, Fenomena Apa Lagi yang Akan Terjadi Bulan Ini? Berikut Daftarnya

GBT atau Super blood moon itu terjadi karena bumi dan bulan berada pada tempat atau garis yang sama.

Kemudian yang kedua adalah gerhana bulan sebagian atau dikenal juga dengan gerhana bulan parsial. Gerhana bulan parsial terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi sinar matahari untuk sampai ke bulan.

Yang ketiga adalah gerhana bulan penumbra, pada peristiwa gerhana ini bulan masih dapat terlihat namun warnanya suram.

Peristiwa gerhana bulan total ini akan terjadi pada 8 November 2022 dan bisa disaksikan di Indonesia. Namun tidak semua wilayah Indonesia dapat melihat peristiwa ini.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x